Dan Mobil Terbaik 2013 Adalah...

Jakarta - Ajang Car of the Year 2013 yang diselenggarakan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) mencapai titik puncak. All New KIA Carens berhasil terpilih sebagai "Forwot Car of the Year 2013" setelah menyisihkan empat kandidat lainnya seperti All New Toyota Vios, All New Mazda6, Chevrolet Spin dan Honda Brio Satya.

Mobil penumpang yang diniagakan PT KIA Mobil Indonesia (KMI) ini berhasil memperoleh poin tertinggi yakni sebanyak 125 poin setelah melalui proses penjurian yang melibatkan 23 wartawan dari berbagai media massa nasional. All New KIA Carens sendiri resmi diluncurkan pada 4 Juni 2013 lalu.


Hasil yang diraih All New Carens terpaut 11 poin dari penghuni posisi dua dan tiga yang diisi Toyota Vios dan Mazda6 yang masing-masing mendapatkan 114 poin. Sementara posisi empat dan lima diisi oleh Chevrolet Spin dan Honda Brio Satya yang masing-masing mendapat 111 poin. Sementara total skor dari 25 juri sebanyak 575 poin.


Pengumuman pemenang FCY 2013 ini dilangsungkan di sela-sela hajatan automotif terbesar di Tanah Air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang berlangsung di Hall B2 JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 23 September 2013.


Ketua Pelaksana FCY 2013 Septian Pamungkas mengatakan bahwa kemenangan All New KIA Carens telah melalui proses yang sangat panjang. Proses penjurian berdasarkan sikap profesional dan bertanggung jawab dari para awak jurnalis yang membidangi industri otomotif.


"Terpilihnya All New KIA Carens sebagai mobil terbaik versi Forwot merupakan sebuah hasil dari polling dan penilaian ketat yang dilakukan wartawan yang selama ini intens mengikui perkembangan industri otomotif nasional maupun secara global. Semoga hasil dari kerja keras yang kami lakukan dapat menjadi sebuah referensi bagi konsumen otomotif di Indonesia akan sebuah produk otomotif terbaik," jelas Septian.


FCY 2013 merupakan event pemilihan mobil terbaik yang berbeda dari event serupa di Tanah Air. Event independen ini hanya memilih satu mobil terbaik dari semua kategori mobil. Karena itu penjurian FCY 2013 ini mengadopsi Car of the Year dari Car of the Year Committee atau www.caroftheyear.org. Kegiatan pemilihan mobil terbaik oleh 55 wartawan otomotif di benua Eropa ini sudah berlangsung sejak 1982.


FCY 2013 melibatkan 23 wartawan otomotif dari media nasional untuk menjadi dewan juri. Ke-23 dewan juri ini bekerja keras untuk memilih 5 finalis FCY 2013 dari 27 mobil baru yang dipasarkan di Indonesia setelah IIMS 2012 hingga pelaksanaan IIMS 2013.


Setelah mendapat 5 finalis FCY 2013 melalui sistem voting, setiap juri kemudian memilih tiga mobil terbaik berdasarkan pertimbangan profesional mereka sebagai wartawan otomotif. Pemilihan ini ditentukan dari point yang diberikan juri (system scoring), yang mana setiap juri mendapat bekal 25 point yang harus dihabiskan untuk memilih 3 mobil terbaik dari 5 finalis FCY 2013. Pemenang adalah mobil yang meraih point tertinggi.


Dalam proses penjurian, terdapat 10 kriteria yang manjadi acuan bagi juri dalam melakukan proses penilaian. Kriteria penjurian tersebut diantaranya Design, Comfort, Safety, Economy, Handling, Performance, Functionality, Enviromental Requirement, Driver Satisfaction, dan Price.


FORWOT mengharapkan kegiatan FORWOT Car of the Year ini mampu menjadi salah satu program tahunan yang dapat terselenggara berbarengan dengan event tahunan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS).



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com