JK: Mobil Murah Bukan Penyebab Kemacetan

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menolak keras hadirnya program Low Cost Green Car (LCGC) karena dituding akan menambah kota Jakarta menjadi macet.

Bertentangan dengan pernyataan itu, mantan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengatakan kalau mobil murah itu bukan penyebab dari kemacetan di Jakarta.


"Apakah sekarang ini Jakarta tidak macet? Sudah macet kan? Itu kenapa, karena jalan yangnya yang kecil dan tidak berkembang," kata JK kepada wartawan di IIMS, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/9/2013).


Ditambahkan JK, kalau mobil murah itu tidak akan menyebabkan kemacetan Jakarta karena dimensinya yang memang kecil.


"Panjangnya saja hanya 5 meter persegi, coba kamu lihat beberapa mobil besar dan mahal, panjangnya saja sudah 9,5 m2," katanya.


Sementara ketika ditanya apakah mobil murah akan menambah populasi kendaraan di Jakarta?


"Bertambah iya, tapi kan dia ambil jalan kecil, Anda kan belum tentu jika punya mobil 2 Anda memakai dua mobil tersebut. Pakai satu saja, mungkin mobil besar di simpan saja biar efisien," katanya lagi.


"Tapi itu hak semua orang, jangan sampai membuat diskriminasi tentang orang yang ingin membeli mobil yang pas-pasan. Jangan seakan-akan membuat Jakarta ini hanya untuk orang kaya, kan bahaya sekali jika sikap itu terjadi," pungkasnya.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com