Toyota: Kami Tidak Hanya Sekedar Menjual Mobil

Jakarta - Persaingan di pasar otomotif nasional. Sebagai produsen terbesar dan tidak pernah terkalahkan, apa strategi Toyota menyikapi persaingan keras ini?

"Toyota itu pada dasarnya bukan hanya menjual mobil. Mobil itu merupakan salah satu pelayanan kita sehingga konsumen memiliki pilihan yang beragam di berbagai segmen," ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Rahmat Samulo di Restoran Takigawa, Ancol, Sabtu (28/9/2013).


"Toyota memberikan pelayanan yang lebih dari hanya menjual mobil mulai dari saat konsumen membeli kendaraan, Toyota siap dengan leasing, asuransi, sehingga saat konsumen membeli kendaraan mereka tidak khawatir, pilihannya lengkap dan bisa disupport oleh pendukung-pendukung lainnya sehingga dia bisa beli kendaraan. Kita berbuat lebih baik lagi dalam hal memberikan pelayanan pada konsumen," paparnya.


Rahmat melihat persaingan di pasar otomotif tahun ini kian keras karena 2 faktor.


Pertama adalah kapasitas produksi industri otomotif sangat meningkat bahkan melebihi permintaan yang ada. Yang kedua semua merek masuk di segmen yang atraktif yang memang menjanjikan.


"Dan kita bisa melihat beberapa segmen Toyota yang cukup besar, sekarang komeptitor sudah mulai masuk ke segmen tersebut. Nah dua hal ini yang menyebabkan kompetisi otomotif semakin ketat dan ini kondusif bagi Toyota. Nah kondisi ini yang menurut kita positif bagi Toyota bagaimana memberikan pelayanan yang lebih baik lagi buat konsumen," ujarnya.


Seorang pembeli mobil lanjutnya, bisa menggunakan kendaraan dalam waktu yang lama, bisa 2-5 tahu.


"Bisa dibayangkan, kalau dia beli kendaraan digunakan dalama 5 tahun ini sering bermasalah, baik servisenya, spare partnya susah dan sebagainya, saya rasa ini orang beli mobil orang bukan enak tapi sempit, nah toyota lebih menekankan di situ. Dengan jaringan yang luas, dan dukungan bengkel dan spare part yang selalu ada, dan kita punya Body and Paint kalau terjadi tabrakan, nah ini membuat konsumen kita selalu senang membeli Toyota," ujarnya.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com