Pabrikan Lainnya Sibuk Kenalkan LCGC, Mitsubishi: Biarin Saja

Jakarta - Toyota dan Daihatsu resmi memperkenalkan varian Low Cost and Green Car (LCGC) kepada masyarakat Indonesia, dan sebentar lagi giliran Honda yang ikut memperkenalkan Brio Satya sebagai varian LCGC Honda di Indonesia.

Tentu saat pemerintah mengetuk palu dengan memperbolehkan menjual kendaraan LCGC di tanah air, otomatis ketiga pabrikan asal Jepang ini dengan senang hati menjualnya di Indonesia.


Lalu bagaimana dengan Mitsubishi?


"Perkembangan LCGC belum tahu, yang lain mengeluarkan LCGC yah biarin saja. Kita (Mitsubishi) masih menunggu prinsipal," kata Executive Marketing Director PT KTB Rizwan Alamsjah, di Jakarta.


Soalnya Rizwan memastikan, sebuah persaingan untuk merebut hati konsumen itu sudah biasa. Sehingga tidak ada rasa khawatir akan ketinggalan dari pabrikan lainnya untuk memperkenalkan LCGC di Indonesia.


"Semuanya mulai bersaingan kan itu sudah biasa, tidak masalah," ujarnya.


"Tapi memang kita (Mitsubishi) belum ada pengarahan lebih lanjut (mengenai LCGC). Selain melakukan study lebih lanjut," katanya.


Sehingga Rizwan belum bisa memastikan kapan varian LCGC Mitsubishi ikut diperkenalkan di Indonesia.


"Jadi kapan atau produknya apa yah kita belum tahu. Tapi Presiden Mitsubishi Motors Corporatian (MMC) sudang bilang waktu ke Indonesia, bahwa dia akan mempelajari secara detail," ujarnya.


"Kalau variannya yah salah satu yang paling berat Mirage (diutamakan), bukan saya loh yang bilang itu prinsipal," tambahnya.



readmore »»  

Ford Bangun Pabrik di Indonesia?



Kamis, 18/07/2013 13:45
Mudik Asyik dan Aman ala detikOto

Bengong menunggu buka puasa? Ikuti saja event #ngaBLOGburitOTO yang akan digelar akhir pekan nanti, Otolovers! Sambil menanti adzan maghrib tiba, Anda akan mendapatkan tips-tips seputar mudik yang aman dan asyik.

readmore »»  

Tak Laku, MINI Stop Jual Clubvan di AS



Kamis, 18/07/2013 13:45
Mudik Asyik dan Aman ala detikOto

Bengong menunggu buka puasa? Ikuti saja event #ngaBLOGburitOTO yang akan digelar akhir pekan nanti, Otolovers! Sambil menanti adzan maghrib tiba, Anda akan mendapatkan tips-tips seputar mudik yang aman dan asyik.

readmore »»  

Mesin Brio Satya Lebih Besar dari Agya dan Ayla, Kenapa Honda?

Jakarta - Merasa tak ingin disaingi oleh kompetitor, Honda langsung menegaskan akan memperlihatkan pesaing Toyota Agya dan Daihatsu Ayla di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013

Tapi dilihat dari spesifikasi mesinnya, Brio Satya mengusung mesin kapasitas 1.200 cc sementara pesaingnya cuma mesin 1.000 cc. Bagaimana tanggapan Honda.


"Terserah konsumen mau pilih mesin 1.000 cc apa 1.200 cc. Tapi mesin 1.200 cc Honda perpaduan antara power dan ekonomis pada konsumsi BBM-nya," kata Direktur Marketing & After Sales PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy di Jakarta.


Menurut Jonfis mesin 1.200 cc tersebut tidak kalah kompetitif di Indonesia. Sementara jika dilihat dari medan jalan di Indonesia, mesin 1.200 untuk mobil murah dan ramah lingkungan sangat sesuai.


Soalnya mobil LCGC tidak mungkin hanya dijalankan di perkotaan saja oleh pemiliknya melainkan ada juga konsumen yang membawa mobil LCGC ke daerah dengan kondisi jalan tanjakan dan turunan. Dalam kondisi ini Honda menyakini mesin 1.200 cc tersebut cukup sesuai dengan medan di Indonesia.


"Indonesia itu banyak tanjakan dan turunan, jadi kita anggap mesin ini terbaik karena berperforma. Lagian mesin Honda 1.000 cc tidak di-develope di ASIA," ucapnya.


Sayang ketika ditanya lebih lanjut spesifikasi dan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin 1.200 cc tersebut, Jonfis masih juga enggan membocorkan.



readmore »»  

Ada Mobil Murah, Honda Turunkan Target Brio

Jakarta - Honda merilis nama mobil murah di program mobil murah dan hemat energi (LCGC) yakni Brio Satya. Kehadiran mobil murah Brio Satya ternyata mengganggu penjualan hatchback Brio 1.300 cc.

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek Honda harus menurunkan target penjualan Brio 1.300 cc di Tanah Air.


"Suplai Brio lancar, tapi kita sedang siapin LCGC dan akhirnya koreksi penjualan Brio 1.300 cc dari sebelumnya lebih dari 1.000 unit menjadi 300-an unit," Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy di Jakarta.


Menurutnya porsi Honda Brio 1.300 cc akan turun secara otomatis begitu Brio Satya resmi meluncur.


Memang penjualan Brio 1.300 cc beberapa bulan terakhir terus mengalami penurunan. Penjualan Brio pada Januari 2013 444 unit, Februari 2013 1.440 unit, Maret 2013 2.843 unit dan April 2013 turun menjadi 297 unit.


Brio Satya menggunakan mesin baru 1.200 cc i-VTEC yang merupakan mesin turunan Brio 1.300 4 silinder. Mobil ini dipersiapkan secara khusus, Brio Satya diklaim memiliki tenaga besar namun tetap mengutamakan efisiensi. Sayang Honda belum bersedia membeberkan spesifikasi Brio Satya.


Mobil murah Honda akan diperkenalkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013. Bahkan HPM berharap bisa mulai menjual mobil tersebut di IIMS.



readmore »»  

September, Mobil Murah Toyota Agya Bisa Dikirim ke Konsumen

Jakarta - Mobil murah dari Toyota, Agya memang sudah banyak dipesan oleh konsumennya. Kurang lebih sekitar 10 ribu unit sudah dipesan.

Lalu kapan akan dikirimkan ke konsumennya? "Insya Allah kita bisa kirimkan Agya ke konsumen di bulan September nanti," kata Marketing Division Head Auto2000, Agus Prajitno W di sela-sela acara buka puasa dengan media di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis malam.


Agus menambahkan, saat ini masih menunggu peraturan teknisnya dalam peraturan menteri. Jika bulan depan peraturan teknis itu diterbitkan maka kemungkinan besar September 2013 nanti Agya sudah bisa dikirimkan ke konsumen.


"Setelah diterbitkan peraturan teknisnya juga masih ada beberapa proses lagi. Mudah-mudah tidak meleset dan kita bisa kirim September," tuturnya sambil tersenyum.'


Chief Marketing Auto2000 Henry Tanoto menuturkan pesanan Agya sampai saat ini memang masih dibuka dan pihaknya tidak pernah menutup inden Agya.


"Yang sempat kita hold itu bukan berarti ditutup indennya, tapi jangan terlalu agresif saja. Sekarang kita lebih berhati-hati lagi terhadap peraturan pemerintah," ungkap Henry.


Dijelaskannya, sampai saat ini pihaknya masih tetap menunggu keputusan dari pemerintah terkait peraturan LCGC. Sesampainya peraturan tersebut diluncurkan maka Agya akan langsung dikirimkan ke konsumen.


"Sepertinya September baru kita bisa kirim ke konsuymen. Kita itu sebenarnya kalau dibilang siap jual ya kita siap, tapi sekarang harus lebih berhati-hati lagi karena kami juga tidak ingin mengecewakan konsumen," pungkasnya.


Sementara itu, Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan kalau pihaknya masih terus menunggu keputusan atau peraturan teknisnya dirilis pemerintah.


"Kasihan juga konsumen yang sudah pesan jadi tertunda-tunda terus," timpal pria kelahiran Bukit Tinggi, Sumatera Barat, 8 Mei 1965 silam.


Toyota pun hanya bisa bersabar menunggu semua aturan teknis diterbitkan pemerintah.



readmore »»  

Honda Brio Satya Meluncur Bulan September

Jakarta - Jika tidak ada halangan, Honda akan meluncurkan mobil murah Brio Satya di bulan September. Saat ini Honda masih menunggu petunjuk teknis (juknis) yang disiapkan pemerintah soal Low Cost and Green Car.

PT Honda Prospect Motor (HPM) berharap ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 menjadi ajang yang tepat untuk meluncurkan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC).


"Berharap di IIMS. Karena sekalian ngenalin dan sekaligus jualan. Kalau Juknis LCGC keluar, kita langsung daftarkan Brio Satya untuk diaudit pemerintah. Mungkin butuh 1,5-2 bulan. Setelah itu baru diproduksi dan dijual," kata Direktur Marketing dan Aftersales Service PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy di DJakarta Theater.


Brio LCGC menggunakan mesin baru 1.200 cc i-VTEC yang merupakan mesin turunan Brio 1.300 4 silinder.


Mobil ini dipersiapkan secara khusus, Brio Satya diklaim memiliki tenaga besar namun tetap mengutamakan efisiensi. Sayang Honda belum bersedia membeberkan spesifikasi Brio Satya.


Seperti yang dikatakan Jonfis, Honda ingin Brio Satya meluncur lebih dulu di pasar mobil Indonesia ketimbang MPV murah Honda. "Kita maunya Brio Satya lebih dulu dari low MPV," tutup Jonfis.



readmore »»  

Ford Belum Berencana Bikin Mobil Murah

Jakarta - Tidak seperti pabrikan Jepang yang bernafsu dengan mobil murah dan hemat energi atau Low Cost and Green Car (LCGC), pabrikan Amerika Ford belum tergiur dengannya.

"Kita belum ada rencana untuk program ini (mengikuti program LCGC)," kata Managing Director PT Ford Motor Indonesia Bagus Susanto, di Bekasi.


"Karena saat ini kita sedang fokus dengan stategi kita untuk bisa memproduksi One Ford, dimana kita meluncurkan kendaraan yang sama di pasar global. Seperti pada Fiesta, Fiesta yang ada di Indonesia itu memiliki kesamaan seperti di negara lain," katanya.


Ford Fiesta dengan Mesin Irit BBM


Ford Fiesta EcoBoost


Bahkan meski New Fiesta EcoBoost menggendong mesin 1.000 cc, Bagus pastikan varian New Fiesta tidak akan menjadi kendaraan LCGC. "New Fiesta EcoBoost Ini bukan low cost and green car," ujarnya.



readmore »»  

Mobil Murah Banyak Saingan, Toyota Tak Gentar

Jakarta - Beberapa pabrikan mobil mulai membocorkan mobil-mobil yang bakal mengikuti program low cost and green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan. Selain Toyota dan Daihatsu, sebut saja Suzuki, Nissan, Honda dan Mitsubishi.

Nissan belum lama ini memperkenalkan Datsun dan Honda tadi malam memperkenalkan nama LCGC-nya yakni Brio Satya.


Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menuturkan kalau banyak saingan pasar justru akan semakin ramai dan seru. Semuanya memiliki tantangan masing-masing.


"Kita melihat yang lain (kompetitor) cukup bagus-bagus mobilnya. Tapi kita tetap punya keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki pesaing kita," kata Rahmat di sela-sela buka bersama dengan media di Jakarta, Kamis malam.


Dijelaskannya, keunggulan yang dimiliki Toyota yakni mengenai jaringan serta daya jual kembali yang tinggi dan juga kepercayaan masyarakat terhadap suatu brand.


Sementara itu, Marketing Division Head Auto2000, Agus Prajitno W menambahkan kalau pihaknya tak akan merasa gentar meski banyak pesaing di segmen mobil murah.


"Kalau bicara mesin atau dan lainnya mereka (kompetitor) cukup bagus, tapi kita juga tak kalah bagusnya. Sekarang itu masalah jaringan dan kepercayaan konsumennya saja. Membangun jaringan tidaklah mudah," tutupnya.



readmore »»  

Satya, Mobil LCGC Punya Honda

Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya buka-bukaan dengan mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost and Green Car/LCGC). Honda memastikan nama Satya sebagai nama mobil murahnya.

Nama mobil murah Honda Satya sudah santer sejak beberapa bulan lalu ketika namanya terpampang di TPT Kementerian Perindustrian. Hanya saat itu Honda belum berani terbuka.


"Namanya Satya. Satya sebagai mobil LCGC," kata Direktur Marketing & After Sales PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy kepada wartawan disela-sela buka bersama di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (18/7/2013).


Menurut Jonfis definisi arti Satya yaitu true, real, actual, genuine, sincere. Satya dipersiapkan khusus untuk menandingi para kompetitor. Honda Brio LCGC ini akan diproduksi di pabrik baru Honda di Cikampek, Jawa Barat.


"Satya itu tulus. Sebagai teman sejati tulus membatu kemana pun pemiliknya pergi. Karena itu kami namakan Brio Satya," ucapnya.


Dipersiapkan secara khusus, Brio Satya mengusung mesin kapasitas 1.200 cc i-VTEC yang diklaim Honda memiliki tenaga besar di kelasnya.


Sayang Honda belum berani merinci tenaga yang dihasilkan mesin Brio Satya begitu juga tingkat keiritan konsumsi bahan bakar minyak mesinnya.


Jika tidak ada halangan, mobil murah dan ramah lingkungan Honda akan diperlihatkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang akan digelar September 2013.



readmore »»  

Mudik Asyik dan Aman ala detikOto

Jakarta - Bengong menunggu buka puasa? Ikuti saja event #ngaBLOGburitOTO yang akan digelar akhir pekan nanti, Otolovers!

Event #ngaBLOGburitOTO kali ini detikOto-blogdetik bekerjasama dengan Garda Oto menyiapkan acara seru yang bisa Otolovers ikuti sambil menunggu buka puasa tiba.


Bukan cuma buka puasa saja bersama blogger dan komunitas Otomotif tapi juga akan ada tips-tips mengenai cara mudik yang asyik dan aman.


Yang memberikan tips nanti adalah Training Director & Owner of RDC - The Real Driving Centre) Marcell Kurniawan.


Selain itu acara juga bakal diisi dengan bongkar-bongkar program ngaBLOGburit dan detikOto, Fun Games dan yang paling seru juga akan ada perform komunitas.


Catat tanggal dan waktunya :


Hari / Tanggal : Minggu, 21 Juli 2013

Jam : 15.00 WIB - selesai

Tempat : Garda Aula, Grha Asuransi Astra (Garda Oto)

Jl. TB. Simatupang Kav.15, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta 12440


Otolovers ingin gabung? Kirim saja email ke:

program@detik.com dengan subject : Daftar NgaBLOGburit OTO

Cantumkan dalam email tersebut :

Nama + Alamat + url blog + akun twitter + no telpon


Jadi tunggu apalagi? Buruan daftarkan diri anda detik ini juga! Karena kuota peserta terbatas.



readmore »»  

Mobil Murah Akan Lambungkan Merek Nissan

New Delhi - Nissan optimistis merek mobil Datsun GO akan melambungkan Nissan di dunia otomotif. Volume penjualan Nissan akan membengkak seiring dengan kelahiran mobil berharga murah itu.

Nissan optimistis, Datsun dengan harga yang relatif terjangkau bisa membuat Nissan semakin kompetitif, terlebih segmen yang dituju Datsun adalah anak muda.


Saat ini Nissan sudah memperkenalkan unit Datsun pertama di India, kemudian di beberapa negara lain, Rusia, Afrika termasuk Indonesia pada 17 September nanti.


Di India, Datsun Go akan bersaing secara frontal dengan merek Maruti Suzuki dan Hyundai. Datsun GO dibanderol Rp 66 Juta.


"Strategi kami adalah tidak melawan kompetitor. Strategi kami adalah untuk konsumen India," kata Carlos Ghosn dilansir zigwheels, Kamis (18/7/2013).


Nafas Datsun kembali berhembus setelah disuntik mati di 1981 lalu. Datsun GO mengambil nama dari generasi pertama mobil Datsun yang muncul di Jepang hampir seabad yang lalu.


Diklaim Nissan, Datsun GO sesuai standar kualitas dan keahlian yang telah diakui Nissan Motor Company di Jepang. Datsun GO akan diproduksi di salah satu pabrik terbaru Renault-Nissan Alliance di Oragadam, Chennai.



readmore »»  

Apa Beda Datsun dari Mobil Murah Lainnya?

Jakarta - Pabrikan mobil Nissan akhirnya ikut terjun di program low cost and green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan melalui merek legendarisnya Datsun.

Dari sekian banyak pabrikan yang ikut mobil murah, apa keunggulan mobil murah Datsun jika dibandingkan dengan mobil murah lainnya?


General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja mengatakan mobil murah Datsun secara stylingnya terlihat cukup meyakinkan dan modelnya tidak terlihat murahan.


"Meski ikut ke program mobil murah tapi mobil Datsun tidak terlihat seperti mobil murah. Desainnya juga tidak murahan," kata Indrie di Jakarta.


Dijelaskannya, lahirnya Datsun ke pasar otomotif juga secara konsep dan spirit sama dengan Datsun yang dulu. Tapi yang sekarang itu new concept, model, market dan brand.


"Secara konsep dan spirit sama dengan yang lama. Dulu kan Durable Attractive dan Trustworthy sekarang Dream, Access and Trust," timpal Indrie.


Meski nantinya akan diproduksi di Indonesia tapi Datsun akan memiliki standar Nissan global. "Untuk lokal kontennya kita belum bisa pastikan tapi yang jelas kita akan mengikuti semua peraturan yang ada di LCGC," tutupnya.



readmore »»  

Siapa Saja Risers yang Dibidik Mobil Murah Datsun?

Jakarta - Dalam waktu dekat mobil murah Datsun akan diperkenalkan di Indonesia. Lalu seperti apa target market mobil murah Datsun di Indonesia?

General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja menuturkan kalau target market mobil murah Datsun menyasar kepada pengguna mobil bekas atau orang yang ingin menambah line-up mobilnya.


"Kita lebih menyasar kepada secondary used car dan new car buyer serta yang paling utama first time new car buyer," ujar Indrie.


Ditambahkan Indrie, selain target market di atas, Datsun juga ditargetkan kepada para konsumen yang selalu optimistis, punya pemikiran yang maju. Datsun menyebut konsumennya ini sebagai Risers.


"Dengan begitu konsumen juga tidak akan kecewa dengan mobil yang dia beli, selain tampilannya yang elegan juga menawarkan efisiensi bahan bakar yang optimal," pungkasnya.



readmore »»  

Di Indonesia, Datsun Tak Hanya Jadi Mobil Murah

Jakarta - Model pertama Datsun yang akan lahir di Indonesia memang disiapkan untuk mengikuti program mobil terjangkau dan ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC).

Ke depan model-model Datsun yang akan menyebar di Indonesia di pastikan tak hanya untuk mobil murah saja melainkan akan menyasar ke segmen lainnya.


General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja menuturkan memang dalam tahun pertama Datsun akan menggebrak dengan 2 model dan semuanya dipastikan untuk mengikuti program LCGC.


"Untuk awalnya kita akan gunakan fasilitas LCGC tapi nanti kedepannya bisa saja Datsun menyesar ke segmen lain yang sedang berkembang di Indonesia," ujar Indrie kepada wartawan, Selasa (16/7/2013).


Dijelaskannya, di tahun pertama Datsun akan jauh lebih agresif dan seterusnya akan semakin populer di Indonesia layaknya puluhan tahun lalu yang namanya sudah membumi di Tanah Air.


"Mungkin kita akan bermain di segmen MPV, City car, hatchback atau segmen lainnya. Itu semua tergantung nanti kedepannya bagaimana, lihat saja nanti," pungkas Indrie.



readmore »»  

Hyundai Santa Fe Bensin, Apa Keunggulannya?

Yogyakarta - Produsen mobil Hyundai bersiap untuk memperkenalkan varian bensin dari Santa Fe kepada konsumen. Hyundai yakin, mobil ini akan diminati. Namun, bagaimana kemampuan mobil ini sebenarnya?

Diperkuat mesin Theta II 2.4 MPI dengan kapasitas 2.359 cc, mobil yang mengaplikasi FWD (front wheel drive) ini memiliki rasio kompresi hingga 10,5.


Tenaga 176 PS bisa dihasilkan dan bisa dinikmati di kitiran rpm 6.000 dengan torsi 23.1 kg.m di rpm 3.750. Pastinya lebih kecil dari Santa Fe bermesin diesel 2.2 CRDi Turbo Diesel yang sanggup memuntahkan tenaga sampai mendekati angka 200 daya kuda.


Dengan desain stylish dan mesin yang lumayan ganas, tidak salah bila merek Korea Selatan ini menargetkan paling tidak tiap bulan bisa menjual minimal 40 Santa Fe versi bensin di Indonesia.


Sementara untuk harga, versi bensin dari Hyundai ini bisa ditebus dengan banderol Rp 421 juta, jauh lebih murah dari versi dieselnya.


Tidak perlu menunggu lama, mari kita kulik mobil ini.



readmore »»  

Tahun Depan Bakal Ada 2 Mobil Datsun Ngaspal di Indonesia

Jakarta - Di tahun pertama kebangkitan Datsun di Indonesia yakni pada 2014 mendatang, merek legendaris Datsun akan agresif di Indonesia.

General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja untuk tahun 2014 mendatang bakal ada 2 mobil Datsun yang akan meluncur di pasar otomotif nasional.


"Dalam 1 tahun akan keluar 2 model. Kita (Datsun) akan langsung agresif," ucap wanita yang akrab disapa Indrie kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/7/2013) malam.


Dijelaskannya, rencananya setiap tahun minimal akan ada 2 mobil Datsun yang diluncurkan di Indonesia. Untuk di 2014 nanti model pertama mengikuti program LCGC dan untuk model keduanya belum bisa dipastikan apakah diikutsertakan di LCGC juga atau tidak.


"Rentang 1 tahun peluncuran akan ada 2 model lagi, tapi untuk di 2014 yang 1 mobil LCGC yang satunya kemungkinan besar juga bisa jadi ikut program LCGC lagi, tapi gimana nanti, kita lihat saja," tuntasnya.



readmore »»  

Datsun Mulai Dijual di Indonesia Pertengahan 2014

Jakarta - Nissan Motor Indonesia akan memperkenalkan mobil murah Datsun pada 17 September 2013 mendatang. Tapi mobil Datsun pertama untuk pasar otomotif nasional tidak akan langsung dijual.

Di India itu sendiri, mobil pertama Datsun yang bernama Go akan dijual awal 2014. Lalu untuk pasar otomotif Indonesia kapan akan mulai dijual?


"Tanggal pastinya belum tahu kapan, tapi perkiraan pertengahan 2014 kita akan mulai jual," kata General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja di sela-sela acara buka bersama media, Selasa malam.


Sementara itu, nantinya Datsun akan diproduksi di pabrik Nissan yang berada di Cikampek, Jawa Barat dan nantinya kapasitas produksi di pabrik itu akan ditingkatkan mulai 2016 mendatang.


"Sampai dengan tahun ini produksi di pabrik itu mencapai 100 ribu unit/tahun, tapi nanti di 2016 akan ditingkatkan menjadi 200 ribu unit. Itu terdiri dari Nissan dan Datsun," lugasnya.


Sementara itu, untuk penjualannya itu sendiri di 2016 ditargetkan bisa memakan pasar Nissan sebesar 50 persen. Jadi total jualan Nissan dan Datsun akan sama. 50 persen untuk Nissan dan 50 persen untuk Datsun.



readmore »»  

Mobil Murah Datsun Meluncur di Indonesia 17 September

Jakarta - Mobil murah dari Nissan Motor Co, yang dilabeli Datsun GO meluncur pertama kali Senin kemarin (15/7/2013) di India. Untuk Indonesia, Datsun akan meluncur pada 17 September.

Seremoni peluncuran akan dilakukan oleh Nissan Motor Company.


Hal itu diungkapkan General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja di sela acara buka bersama media di Jakarta, Selasa (16/7/2013).


"17 September nanti merupakan World Premiere Datsun di Indonesia," tegas wanita yang akrab disapa Indrie kepada wartawan.


Dijelaskannya, karena prosesnya dilakukan oleh NMC maka dalam proses World Premiere Datsun di Indonesia akan dihadiri oleh CEO Nissan Motor Co Carlos Ghosn.


"Untuk namanya apakah akan GO apakah yang lainnya, itu gimana nanti yang jelas nanti bakalan ada Carlos Ghosn," tuntasnya.



readmore »»  

3 Strategi Garansindo Kuasai Pasar Mobil Mewah



Selasa, 16/07/2013 16:54
3 Strategi Garansindo Kuasai Pasar Mobil Mewah

Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Chrysler, Jeep dan Dodge di Indonesia, PT Garansindo Inter Global semakin serius menggarap segmen premium. Untuk merajai merek premium, Garansindo pun memiliki 3 strategi.

readmore »»  

Toyota: Agya Meluncur 4 Bulan Lagi

Jakarta - Konsumen Toyota Agya sudah lama menanti-nanti kehadiran mobil tersebut. Namun hingga kini Toyota Agya belum juga meluncur di pasar mobil Indonesia. Bahkan Toyota-Astra Motor (TAM) hampir dituntut konsumennya akibat saking lamanya Toyota merilis Agya di Indonesia

Toyota-Astra Motor (TAM) ketika dikonfirmasi kejadian ini mengaku tidak bisa berbuat apa-apa karena masih menunggu Petunjuk Pelaksana (Juklak) dari pemerintah. Tanpa juklak tersebut, Agya hanya seperti tumpukan besi.


"Kami masih menunggu juklak. Kita enggak bisa launching jika juklak belum turun," kata GM Corporate Planning, Public Relation & Customer Service TAM, Widyawati Soedigdo kepada detikOto, Selasa (16/7/2013).


Menurut Widya jika tidak ada halangan, mobil Toyota Agya akan resmi dipasarkan di Indonesia pada Desember 2013, itupun jika pemerintah mengeluarkan juklak soal mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC) pada September 2013.


Dia menambahkan butuh waktu 2 bulan untuk mengaudit produsen yang bermain LCGC begitu juklak resmi dikeluarkan pemerintah. Artinya jika juklak LCGC keluar September maka 2 bulan kemudian LCGC Agya meluncur di Indonesia.


"Kalau juklak turun September berarti Desember baru launching. Kuncinya 1,5 sampai 2 bulan setelah juklak turun. Setelah juklak keluar, kemudian disurvei oleh pemerintah," ucapnya.



readmore »»  

Mobil Kecil Jepang Bakal Serang Indonesia

Tokyo - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi ditanggapi serius oleh produsen mobil asal Jepang. Mereka pun berniat membawa mobil kecil ke pasar Indonesia

Seperti yang dikatakan jubir Honda Masaya Nagai, Honda ingin lebih banyak menelurkan mobil-mobil kecil dengan harga terjangkau serta irit BBM. Honda selama ini memiliki mobil kecil di Jepang seperti N BOX. Dan bukan hal yang mustahil jika mobil ini akan masuk Indonesia dan India.


"Kami memiliki mobil dengan harga terjangkau di pasar, tapi di India dan pasar seperti Indonesia, kita perlu lebih kecil, mobil yang lebih terjangkau," kata Masaya Nagai dilansir Reuters, Selasa (16/7/2013).


Menurutnya semakin meningkatnya harga bahan bakar minyak di negara-negara berkembang membuat Honda cenderung menawarkan micro car sebagai alternatif seperti kei car ini.


Mengenai mobil mungil ini, Honda cukup percaya mobil tersebut berguna di luar pasar Jepang seperti di Indonesia. Di Jepang, kei car sangat populer. Bahkan, mobil tersebut mendominasi hampir setengah penjualan mobil di Jepang.


"Kami menghabiskan waktu lama mengembangkan teknologi mobil kecil di Jepang, dan kami pikir mobil itu berpotensi tidak hanya di negara maju tapi juga negara berkembang," kata CEO Honda Takanobu Ito.


Tidak hanya Honda, Toyota dan Daihatsu juga cenderung menawarkan mobil sekelas. Indonesia dan India serta negara berkembang lainnya menjadi babak baru produsen mobil Jepang dalam menyuguhkan mobil-mobil kecil.


Toyota yang mengandalkan perusahaan afiliasinya, Daihatsu menawarkan Daihatsu Move dan Tanto. Mobil kecil tersebut sangat populer bahkan masuk dalam daftar 10 mobil kecil terlaris di Jepang. Sedangkan Suzuki juga menawarkan mobil kecil Wagon R dan Alto. Geliat pasar mobil kecil Jepang semakin semarak dengan kehadiran kedua mobil tersebut.


Di sisi lain, Toyoda dan Daihatsu sudah dipastikan lebih dulu meramaikan pasar mobil Indonesia dengan mobil kecil lewat Agya dan Ayla.


Pengamat dari Roland Berger di Singapura, Joost Geginat memprediksi perusahaan mobil asal Jepang akan menginvestasikan dana sebesar US$ 1,8 miliar untuk memproduksi mobil kecil di Indonesia.


Di sisi lain, Indonesia tengah menyiapkan diri dengan program Low Cost and Green Car.


Geginat mengatakan Suzuki, Toyota, Daihatsu dan Honda bisa menelurkan sekitar 500.000 unit LCGC per tahunnya setelah aturan sudah diberlakukan.



readmore »»  

Inden Mobil Murah Lama, Toyota Hampir Dibawa ke Pengadilan

Jakarta - Peraturan presiden dan petunjuk teknis Menteri Perindustrian terkait mobil murah sudah keluar. Toyota pun siap memproduksi mobil murah. Padahal, sebelumnya, regulasi terkait mobil murah ini lama mengambang dan membuat Toyota sampai hampir dibawa ke pengadilan oleh konsumennya.

Presiden Toyota Astra Motor (TAM) menceritakan kalau antara pemerintah dan industri otomotif sudah membicarakan terkait persiapan Low Cost and Green Car sudah dibicarakan sejak 2009. Dasarnya, pemerintah ingin membuat sebuah program dimana ada sebuah mobil dengan standar Indonesia, diproduksi di Indonesia dengan beberapa ketentuan teknis yang diatur.


Dengan adanya program ini, pemerintah pun bisa menarik banyak pajak ke dalam negeri. "Terjadilah pembicaraan dan kita setuju membuat produk ini benar-benar Indonesia. Nama Indonesia, dibuat di Indonesia. Irit bahan bakar, dengan 1 liter bisa 20 kilometer serta low emission. Itu 2009, harus-nya cukup dua tahun," katanya dalam interview dengan Majalah Detik edisi 85.


"2011 harusnya sudah ada. Di-drop setahun katanya tinggal tanda tangan saja, maka beranilah kita pameran. Sudah ada draf, sudah ada pembicaraan dengan Gaikindo. Waktu itu makin jelas pada 2013 awal atau 2012 akhir, akan disetujui," tambahnya.


Dia lalu menuturkan mobil murah juga merupakan salah satu solusi orang yang ingin naik tingkat dari motor ke mobil. "September kita hadir di Indonesia Motor Show, November kita harus membuat Agya 20 ribu. Tahu-tahu tidak kunjung keluar. Datanglah komplain ada yang mau bawa ke pengadilan. Tapi bisa kita tuntaskan, ada yang kita tarik ke Etios," lugas Johnny.


Johnny yang diwawancara pekan lalu juga menuturkan kalau persiapan produksi mobil murah Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sudah dilakukan sejak Juli tahun lalu. Mereka, menurut Johnny sudah merekrut orang dan mempersiapkan pabrik. Juni tahun lalu para pekerja juga sudah ditraining dan Oktober kegiatan produksi sudah siap dilakukan.


"Nah sebenarnya sejak Desember sampai Januari sudah ada produksi kecil-kecilan untuk memanasi mesin-mesin yang ada. Tapi itu belum dianggap produksi komersial. Saya tidak tahu pasti, tapi kira-kira baru 5-10 unit Agya dan Ayla. Baru trial-trial sampai tunggu resmi. Karena kalau tidak tunggu peraturan pemerintah, mau jual pakai apa?," katanya.


***

Interview lengkap Johnny Darmawan bisa dibaca GRATIS di edisi terbaru Majalah Detik (edisi 85, 15 Juli 2013). Edisi ini mengupas tuntas Irjen Benny Mamoto dengan tema Salah Apa Irjen Benny. Juga ikuti artikel lainnya yang tidak kalah menarik seperti rubrik Hukum ‘Halaman Kedua Anas, Kriminal Amukan Wakil Bupati Jayawijaya, Bisnis ‘Jamu Pertama di Lantai Bursa, Berita Komik ‘Sekolah jadi Kandang Kambing’, Gaya Hidup Puasa Nyaman untuk Diabetesi’, rubrik Seni Hiburan dan review film The Heat’, WKWKWK ‘DPR Tidur apa Bolos?’, serta masih banyak artikel menarik lainnya.


Untuk aplikasinya bisa di-download diapps.detik.comdan versi pdf bisa di-download di www.majalahdetik.com. Gratis, selamat menikmati!!



readmore »»  

Nama Datsun GO Terinspirasi dari Mobil Seabad Lalu

New Delhi - Merek mobil Datsun kembali bangkit setelah mati di 1981 lalu. Di 2013 ini Datsun merilis mobil murah GO di India. Dari mana asal nama GO? Datsun ternyata mengambil nama dari generasi pertama mobil Datsun yang muncul di Jepang hampir seabad yang lalu.

Mobil yang dimaksud tak lain DAT-GO. DAT-GO juga disebut DAT-Car. DAT sendiri berasal dari 3 inisial nama pertama investor perusahaan tersebut.


DAT juga memiliki singkatan Durable, Attractive dan Trustworthy. Dan Kini Datsun memiliki arti yang sedikit berbeda. Yakni, Dream, Access dan Trust.


"Di negara-negara seperti India, Indonesia, Rusia dan Afrika Selatan, seseorang membeli mobil setelah sebelumnya memimpikan kendaraan tersebut (Dream). Untuk mewujudkan mimpi itu, pelanggan harus memiliki kemudahan akses (Access) dan rasa kedekatan dengan brand. Selain itu, pembelian tersebut juga mewakili bagian penting dari pengeluaran pendapatan mereka; karenanya, penting bagi mereka untuk memiliki kepercayaan penuh (Trust) terhadap brand dan produk. Oleh karenanya, Dream, Access dan Trust menjadi nilai-nilai utama yang diyakini brand Datsun saat ini," jelas Head of Datsun Vincent Cobee.


Datsun GO tak hanya memiliki kualitas tinggi dengan desain stylish dan modern, namun juga mempersembahkan pengalaman berkendara yang menyenangkan.


Datsun ditawarkan bersama-sama dengan jaminan kepemilikan yang bebas dari kekhawatiran, competitive total cost, kemudahan akses pelayanan, harga transparan, serta dealer yang mudah dijangkau.


Model Datsun akan dikembangkan secara individual disesuaikan dengan sejumlah pasar yang berbeda, namun konsep produk yang diusung membawa inspirasi yang sejalan.


Datsun GO akan menjadi model pertama dari sejumlah model Datsun yang akan diluncurkan selanjutnya di tahun 2014 di Indonesia, Russia dan Afrika Selatan.


Meski proses desain Datsun GO dilakukan di pusat desain Nissan Motor Global di Jepang, pengembangan dan penelitian juga teknis mesin untuk proyek ini dipercayakan pada para teknisi dan supplier lokal demi menjamin kesesuaian produk dengan kondisi pasar, preferensi, selera dan kebutuhan, juga akses terkait harga dan ketersediaan produk.


Pengembangan proyek ini tentunya didukung penuh sesuai standar kualitas dan keahlian yang telah diakui Nissan Motor Company di Jepang. Datsun GO akan diproduksi di salah satu pabrik terbaru Renault-Nissan Alliance di Oragadam, Chennao.



readmore »»  

Di Indonesia Datsun Dijual Rp 95 Juta?

Jakarta - Akhirnya model terbaru Datsun dengan nama All New Datsun GO diperkenalkan di India. Datsun GO akan mulai dijual pada awal tahun 2014 di India dengan harga 400.000 rupee atau setara Rp 66 jutaan.

Tak hanya di India, Datsun juga akan menyapa negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Lalu, untuk di Indonesia berapa harga yang akan ditawarkan Datsun?


General Manager Marketing & Communication Strategy, PT Nissan Motor Indonesia Indrie Hadiwidjaja mengatakan harga Datsun akan disesuaikan dengan regulasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah atau yang tertera di regulasi Low Cost and Green Car (LCGC).


"Kalau kata regulasi pemerintah soal LCGC itu harga off the roadnya sekitar Ro 95 jutaan. Jadi Datsun di Indonesia harganya kurang lebih seperti itu," ungkap wanita yang akrab disapa Indrie saat dihubungi detikOto, Senin (15/7/2013).


Dijelaskannya, menentukan harga Datsun di Indonesia tidak sembarangan. Karena Datsun di Indonesia dijadikan sebagai mobil murahnya Nissan yang ikut program yang disajikan pemerintah.


"Kita harus mengikuti semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah karena Datsun ini akan kita jadikan mobil murahnya Nissan di Indonesia," pungkasnya.



readmore »»  

Datsun GO Di India Harganya 'Cuma' Rp 66 Juta!

New Delhi - Berapa harga mobil murah Datsun GO? Di India mobil ini dijual seharga sekitar Rp 66 juta saja. Cukup murah ya?

Memang harganya tidak semurah mobil termurah sejagat yakni Tata Nano yang dijual hampir setengah harga dari GO. Varian termahal Nano di sana mencapai sekitar Rp 38 jutaan.


Datsun GO merupakan model hatchback front-wheel drive dengan lima-pintu ini yang dilengkapi mesin 1.2 liter.


Transmisinya menggunakan transmisi manual lima-percepatan yang memberikan respons waktu yang optimal serta kelincahan di tengah kepadatan lalu lintas.


Meski memiliki dimensi body yang compact (lebar– 1.635mm; tinggi– 1.485mm; panjang– 3.785mm), mobil ini menawarkan interior lapang berkat fondasi body yang lebar dan wheelbase berukuran besar (2.450mm), serta kenyamanan pada headroom dan konfigurasi bangku depan yang nyaman.


Bagi pelanggan yang tak ingin terpisahkan dari musik dan foto favorit mereka, Datsun GO juga memiliki Mobile Docking Station yang dapat terhubung dengan smartphone.


Mobil ini pun sudah dibidik Nissan Motor CO untuk masuk ke Indonesia. Dengan harga Rp 66 jutaan di India, kira-kira berapa harganya di Indonesia?



readmore »»  

Perkenalkan, Mobil Murah Datsun GO

New Delhi - Sesuai janjinya, Datsun memperlihatkan model terbaru Datsun di abad ke-21. Mobil yang pertama kali meluncur di India ini dinamakan All-new Datsun GO.

Datsun Go akan dipasarkan di India pada awal tahun 2014. Datsun merupakan brand ketiga Nissan Motor Company, bersama Nissan dan Infiniti.


"Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi Nissan Motor Company dan juga para pelanggan serta partner kami di sejumlah pasar berkembang pesat. Momen ini juga sangat dinantikan banyak orang di India-yang pada hari ini-selangkah lebih dekat dalam mewujudkan mimpi mereka untuk memiliki sebuah mobil," ujar CEO Nissan Motor Co Carlos Ghosn, saat meluncurkan All-new Datsun GO di India.


Model hatchback front-wheel drive dengan lima-pintu ini akan dilengkapi mesin 1.2 liter yang dipasangkan dengan transmisi manual lima-percepatan yang memberikan respons waktu yang optimal serta kelincahan di tengah kepadatan lalu lintas.


Meski memiliki dimensi body yang compact (lebar– 1.635mm; tinggi– 1.485mm; panjang– 3.785mm), mobil ini menawarkan interior lapang berkat fondasi body yang lebar dan wheelbase berukuran besar (2.450mm), serta kenyamanan pada headroom dan konfigurasi bangku depan yang nyaman.


Bagi pelanggan yang tak ingin terpisahkan dari musik dan foto favorit mereka, Datsun GO juga memiliki Mobile Docking Station yang dapat terhubung dengan smartphone.



readmore »»  

Siap-siap Innova, Ada MPV India

New Delhi - Masyarakat Indonesia adalah masyarakat penggemar mobil MPV (Multi Purpose Vehicle). Hitung saja di jalanan, berapa banyak Anda melihat mobil jenis ini berseliweran.

Makanya tidak salah jika pabrikan tergolong rajin merilis mobil MPV untuk menarik perhatian masyarakat. Tak terkecuali pabrikan India, Tata Motors.


Tata Motors yang baru meresmikan kiprah mereka di Indonesia, memang belum meluncurkan satu pun mobil penumpang. Bulan September nanti saatnya Tata Motors unjuk gigi. Apakah model MPV akan mereka luncurkan ke Indonesia?


Entah lah, untuk soal yang satu ini Tata Motors masih tutup mulut. Tetapi mereka memberikan kesempatan pada jurnalis asal Indonesia untuk menjajal salah satu varian MPV Tata Aria.


Mobil ini sudah beberapa kali terlihat berkeliaran di jalanan. Jadi kemungkinan besar, mobil ini lah yang akan menjadi amunisi Tata Motors untuk menggulingkan keperkasaan mobil seperti Kijang Innova.


Nah mau tahu bagaimana aksi MPV Diesel yang memiliki kapasitas 7 penumpang oang dewasa ini, yuk kita simak bersama.



readmore »»  

Seleb Hollywood dan Mobil Irit Bensinnya

New York - Semakin banyak bintang Hollywood menggunakan mobil ramah lingkungan untuk menghemat bahan bakar minyak. Setelah bintang besar seperti Leonardo DiCaprio, kini Alyssa Milano terlihat menggunakan mobil ramah lingkungan Nissan LEAF.

Meski tanpa mobil sport atau super, para bintang itu pun tak terlihat gaul dan percaya diri. Bahkan kendaraan ramah lingkungan itu membuatnya semakin populer karena menghindar kekurangan fosil bumi.


Nah, para bintang itupu terlihat menikmati memiliki mobil ramah lingkungan. Siapa saja bintang Hollywood, yuk kita kroscek.



readmore »»  

Mobil Murah Harus Bisa Memenuhi Syarat Ini

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat telah mengeluarkan petunjuk teknis (juknis) soal mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC). Ada beberapa syarat teknis yang menjadi patokan sebuah mobil bisa disebut sebagai LCGC.

"Ketentuannya ditetapkan untuk motor bakar cetus api kapasitas isi silinder 980-1200 cc dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara, dan untuk motor bakar nyala kompresi (diesel) kapasitas isi silinder sampai dengan 1500 cc dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter atau bahan bakar lain yang setara," kata Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat dalam keterangan resmi di situs Kemenperin, Minggu (14/7/2013)


Syarat berikutnya soal ketentuan jenis BBM, juga harus memenuhi spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92 untuk motor bakar cetus api dan Cetane Number (CN) 51 untuk diesel.


Selain itu ada syarat teknis lainnya berupa radius putar (turning radius) dan jarak terendah dari permukaan tanah (ground clearance) diatur dalam Petunjuk Teknis Pelaksanaan Permenperin tersebut.


Ada kewajiban yang mengatur penggunaan tambahan merek, model, dan logo yang mencerminkan Indonesia, serta mengatur besaran harga jual mobil LCGC paling tinggi Rp 95 juta berdasarkan lokasi kantor pusat Agen Pemegang Merek.


Mengenai besaran harga, dalam juknis disebutkan dapat disesuaikan apabila terjadi perubahan-perubahan pada kondisi atau indikator ekonomi yang meliputi besaran inflasi, kurs nilai tukar Rupiah dan/atau harga bahan baku. Termasuk juga dalam penggunaan transmisi otomatis dan/atau teknologi pengaman penumpang.


"Untuk penyesuaian harga berdasarkan penggunaan teknologi transmisi otomatis maksimum sebesar 15%, sedangkan untuk penggunaan teknologi pengaman penumpang maksimum sebesar 10%," katanya.


Seperti diketahui Menperin MS Hidayat telah menerbitkan juknis kebijakan mengenai mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.


Juknis tersebut merupakan turunan dari program mobil emisi karbon rendah atau low emission carbon (LEC) yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah.


Aturan ini telah ditetapkan pada 1 Juli 2013 dan telah diundangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 895 pada 5 Juli 2013 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsudin.


Ini Dia 4 Syarat yang Harus Dipenuhi Produsen Mobil Murah


Bagi produsen mobil yang ingin memproduksi mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC) harus memenuhi syarat administratif untuk bisa mendapat fasilitas penghapusan pajak penjualan barang mewah (PPn BM). Setidaknya ada 4 syarat yang harus dipenuhi oleh para pabrikan atau Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).


Pertama, setiap Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) wajib memberikan hasil uji konsumsi bahan bakar, uji ketentuan teknis, bukti visual penggunaan tambahan merek Indonesia, termasuk model dan logo yang mencerminkan Indonesia.


Kedua, setiap perusahaan wajib memberikan data dan bukti realisasi investasi, manufaktur motor penggerak (mesin), transmisi, dan axle, termasuk rencana menggunakan komponen lain dari pasokan lokal.


Ketiga, pemberian surat pernyataan bermaterai berisi harga jual produk LCGC ke konsumen sesuai ketentuan yang berlaku.


Keempat, seluruh ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan sebelumnya wajib lolos verifikasi oleh lembaga independen Surveyor.


"Tanpa memenuhi keempat peryaratan tersebut, setiap ATPM tidak bisa mendapatkan potongan PPnBM. Menperin akan menerbitkan surat penetapan penerima insentif program LCGC paling lambat 12 hari kerja sejak diterimanya surat permohonan secara lengkap dan benar," jelas Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat.


Hidayat mengatakan aturan LCGC bertujuan mendorong dan mengembangkan kemandirian industri otomotif nasional, khususnya industri komponen kendaraan bermotor roda empat agar mampu menciptakan motor penggerak, transmisi dan axle yang berdaya saing seiring dengan peningkatan permintaan kendaraan bermotor yang hemat energi dan harga terjangkau.


"Pengembangan produksi mobil LCGC merupakan Program Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor dengan pemberian fasilitas berupa keringanan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM)," kata Hidayat.



readmore »»