Mobil Murah Makin Oke Pakai Pertamax

Jakarta - Kekhawatiran banyak pihak terkait program mobil murah adalah membengkaknya konsumsi bahan bakar bersubsidi. Padahal sebenarnya bila menggunakan RON 92, performa mobil akan makin bagus.

Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho menegaskan kalau aturan mobil murah sudah jelas. Mobil murah harus menggunakan bensin dengan RON 92. Suzuki sendiri memiliki Karimun Wagon R yang didaulat sebagai mobil murah untuk ikut program Low Cost and Green Car.


"Aturannya sudah jelas, harus RON 92. Karena memang secara teknis mobil akan makin bagus. Performa engine akan didapat, efisiensi juga bagus," ujarnya.


"Selain itu, kalau pakai RON dibawah 92, saya rasa akan sulit untuk mencapai tingkat efisiensi 1:20 km/liter sesuai yang ditargetkan karena saat pengetesan sendiri kita dapat angka itu dengan menggunakan RON 92," papar Endro.


Namun, diakuinya kalau pengawasan penggunaan bensin subsidi memang agak sulit dilakukan. "Saya kan tidak mungkin nungguin pom bensin terus. Tapi yang pasti kita mulai sekarang harus mendidik konsumen untuk menggunakan bahan bakar lebih bersih. Kita juga sebagai warga negara yang baik harus ikuti peraturan yang ada," tuntasnya.


"Ya, karena aturannya sudah ada dan jelas, kalau ada yang pakai RON 88 dan mesinnya bermasalah karena itu, garansi tidak terpakai," lugas Endro.