Pesanan R25 Membludak, Yamaha Tambah Kapasitas Produksi

Jakarta - Produsen motor Yamaha mengaku kaget melihat antusiasme konsumen pada motor terbaru mereka, Yamaha YZF-R25. Kapasitas produksi untuk motor ini pun ditambah untuk melayani konsumen yang membludak.

Seperti diketahui, pemesanan online Yamaha R25 ramai diserbu konsumen. Ada 2.677 orang yang mendaftar secara online untuk menjadi pemilik pertama motor yang dilepas dengan harga Rp 53 juta tersebut.


Padahal, target bulanan motor ini saja hanya berada di angka 1.000 unit per bulan.


"Kita juga kaget. Awalnya kita targetkan 500 unit saja karena kita pikir harga motor ini kan tidak murah. Kami pikir 500 unit pemesan awal akan sulit didapat, ternyata permintaannya membludak," kata

Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manucafturing (YIMM) Dyonisius Beti.


Dia lalu menjelaskan kalau Yamaha akan mulai memproduksi motor ini di Juli nanti untuk kemudian di Agustus akan mulai disebar ke konsumen.


"Tapi karena permintaan tinggi, kita naikkan kapasitas produksi. Kita tidak mau pemesan R25 ini menunggu terlalu lama," ujarnya. "Sekarang produksi R25 bakal 3 line produksi," tambah Dyon.


Karakter para konsumen Yamaha R25 sendiri menurut Dyon adalah para eksekutif muda yang sudah mapan. Setengah pemesan awal R25 berada di Jakarta. Sisanya menyebar ke berbagai kota besar di Indonesia.


Motor yang akan menjadi lawan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250R ini adalah Baby M1 dengan desain supersport yang dimiliki YZR-M1 jelas terwarisi di YZF-R25 (Mass forward silhouette design), predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya dan bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED.


Sementara itu, balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, serta dilengkapi velg aluminum dengan ban tapak lebar yang pada akhirnya membuat Yamaha menyebut motor ini sebagai superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari.


Di jantungnya ada mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya. Kekuatan mesin motor ini pun sangat besar di kelasnya yakni 26,5 kW atau 36 PS --lebih besar dibanding lawan-lawannya.



readmore »»  

Pemilik Pertama Yamaha R25: Motor Ini Bakalan Kita Oprek

Jakarta - Motor terbaru Yamaha, YZF-R25 telah membuat geger kancah roda dua, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Nah, inilah pemilik R25 pertama di dunia.

Orang yang berhak menjadi pemilik Yamaha R25 pertama di dunia adalah Bie Hau. Ketika penyerahan sertifikat pemilik pertama, dia diwakili oleh Teng Herry.


"Dia adalah orang pertama yang pesan dan langsung membayar lunas motor ini," kata GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo.


Bie Hau yang juga merupaka pemilik Prospeed ini berhasil mengalahkan 2.677 orang mendaftar secara online untuk menjadi pemilik pertama motor yang dilepas dengan harga Rp 53 juta tersebut.


Lalu untuk apa motor ini nanti? "Kami mau oprek," kata Herry.


Motor yang akan menjadi lawan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250R ini adalah Baby M1 dengan desain supersport yang dimiliki YZR-M1 jelas terwarisi di YZF-R25 (Mass forward silhouette design), predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya dan bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED.


Sementara itu, balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, serta dilengkapi velg aluminum dengan ban tapak lebar yang pada akhirnya membuat Yamaha menyebut motor ini sebagai superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari.


Di jantungnya ada mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.


Kekuatan mesin motor ini pun sangat besar di kelasnya yakni 26,5 kW atau 36 PS --lebih besar dibanding lawan-lawannya--.


Untuk 250 pembeli pertama yang membeli R25 secara online sendiri akan mendapatkan helm eksklusif AGV Valentino Rossi dan 5 orang beruntung akan mendapatkan jaket kulit Dainese VR46 yang di import langsung dari Italia.


Harga helm AGV Valentino Rossi sekitar Rp 2 juta dan jaket kulit Dainese VR46 yang diimpor langsung dari Italia berharga sekitar Rp 4 jutaan.



readmore »»  

Pesanan R25 Membludak, Yamaha Tambah Kapasitas Produksi

Jakarta - Produsen motor Yamaha mengaku kaget melihat antusiasme konsumen pada motor terbaru mereka, Yamaha YZF-R25. Kapasitas produksi untuk motor ini pun ditambah untuk melayani konsumen yang membludak.

Seperti diketahui, pemesanan online Yamaha R25 ramai diserbu konsumen. Ada 2.677 orang yang mendaftar secara online untuk menjadi pemilik pertama motor yang dilepas dengan harga Rp 53 juta tersebut.


Padahal, target bulanan motor ini saja hanya berada di angka 1.000 unit per bulan.


"Kita juga kaget. Awalnya kita targetkan 500 unit saja karena kita pikir harga motor ini kan tidak murah. Kami pikir 500 unit pemesan awal akan sulit didapat, ternyata permintaannya membludak," kata

Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manucafturing (YIMM) Dyonisius Beti.


Dia lalu menjelaskan kalau Yamaha akan mulai memproduksi motor ini di Juli nanti untuk kemudian di Agustus akan mulai disebar ke konsumen.


"Tapi karena permintaan tinggi, kita naikkan kapasitas produksi. Kita tidak mau pemesan R25 ini menunggu terlalu lama," ujarnya. "Sekarang produksi R25 bakal 3 line produksi," tambah Dyon.


Karakter para konsumen Yamaha R25 sendiri menurut Dyon adalah para eksekutif muda yang sudah mapan. Setengah pemesan awal R25 berada di Jakarta. Sisanya menyebar ke berbagai kota besar di Indonesia.


Motor yang akan menjadi lawan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250R ini adalah Baby M1 dengan desain supersport yang dimiliki YZR-M1 jelas terwarisi di YZF-R25 (Mass forward silhouette design), predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya dan bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED.


Sementara itu, balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, serta dilengkapi velg aluminum dengan ban tapak lebar yang pada akhirnya membuat Yamaha menyebut motor ini sebagai superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari.


Di jantungnya ada mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya. Kekuatan mesin motor ini pun sangat besar di kelasnya yakni 26,5 kW atau 36 PS --lebih besar dibanding lawan-lawannya.



readmore »»  

Pemilik Pertama Yamaha R25: Motor Ini Bakalan Kita Oprek

Jakarta - Motor terbaru Yamaha, YZF-R25 telah membuat geger kancah roda dua, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Nah, inilah pemilik R25 pertama di dunia.

Orang yang berhak menjadi pemilik Yamaha R25 pertama di dunia adalah Bie Hau. Ketika penyerahan sertifikat pemilik pertama, dia diwakili oleh Teng Herry.


"Dia adalah orang pertama yang pesan dan langsung membayar lunas motor ini," kata GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo.


Bie Hau yang juga merupaka pemilik Prospeed ini berhasil mengalahkan 2.677 orang mendaftar secara online untuk menjadi pemilik pertama motor yang dilepas dengan harga Rp 53 juta tersebut.


Lalu untuk apa motor ini nanti? "Kami mau oprek," kata Herry.


Motor yang akan menjadi lawan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250R ini adalah Baby M1 dengan desain supersport yang dimiliki YZR-M1 jelas terwarisi di YZF-R25 (Mass forward silhouette design), predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya dan bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED.


Sementara itu, balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, serta dilengkapi velg aluminum dengan ban tapak lebar yang pada akhirnya membuat Yamaha menyebut motor ini sebagai superbike yang nyaman dikendarai sehari-hari.


Di jantungnya ada mesin injeksi 4 langkah 2 silinder segaris 250 cc, DOHC direct drive camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, berpendingin cairan, DiASil Cylinder dan Forged piston Yamaha yang telah teruji ketahanannya.


Kekuatan mesin motor ini pun sangat besar di kelasnya yakni 26,5 kW atau 36 PS --lebih besar dibanding lawan-lawannya--.


Untuk 250 pembeli pertama yang membeli R25 secara online sendiri akan mendapatkan helm eksklusif AGV Valentino Rossi dan 5 orang beruntung akan mendapatkan jaket kulit Dainese VR46 yang di import langsung dari Italia.


Harga helm AGV Valentino Rossi sekitar Rp 2 juta dan jaket kulit Dainese VR46 yang diimpor langsung dari Italia berharga sekitar Rp 4 jutaan.



readmore »»  

Yamaha Kumpulkan 100 Pembeli Pertama R25

Jakarta - Tidak mau kalah dengan para capres yang siap bertarung, Yamaha pun mengumpulkan para konsumen motor terbaru mereka, Yamaha YZF-R25. 100 pembeli pertama motor ini berkumpul di Jakarta.

Setelah bikin 'geger' dunia otomotif Indonesia dengan meledaknya penjualan inden online dua motor sport teranyar YZF-R25 Yamaha pun menggelar dinner bareng 100 pembeli pertama melalui inden online.


Acara ini dilaksanakan Sabtu 31 Mei di Exodus Dining, Kuningan, yang dihadiri oleh Board of Director (BOD) Yamaha.


Makan malam bareng 100 pembeli pertama R25 ini melanjutkan kehebohan meluncurnya “Baby M1” yang diperlihatkan perdana di hadapan publik 20 Mei lalu di area dekat Danau Toba, Medan, Sumatera Utara.


Tepat di Hari Kebangkitan Nasional, R25 yang sudah dinanti-nantikan itu akhirnya muncul. Dan tidak menunggu lama, Yamaha langsung membuka inden online untuk 250 konsumen. Dalam 25 jam R25 terpesan 2.677 unit. Besarnya minat konsumen ini sama halnya dengan R15 yang ludes terjual 1.500 unit dalam 23 jam lewat inden online.


"Pesta akbar makan malam bersama pun dirancang Yamaha untuk membahagiakan konsumen yang tanggap luar biasa membeli R25. Ini sejarah, mereka konsumen R25 pertama di dunia yang memiliki motor yang diproduksi di Indonesia dan juga dijual global itu. Merupakan kebanggaan luar biasa bagi mereka menikmati acara yang memang khusus diperuntukkan buat mereka. Kami berharap kedekatan dan loyalitas dengan konsumen akan selalu terjalin erat, dan dukungan mereka menguatkan penjualan R25 di market Indonesia," papar Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia.


Semakin spesial lagi karena Yamaha memberikan sertifikat khusus buat 100 konsumen itu. Pembeli dengan nomor urut 001 menerima sertifikat dan helm AGV Valentino Rossi di atas panggung yang diberikan langsung oleh BOD Yamaha.


"Kami jamin 100 orang ini akan cepat dapat R25," kata Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manucafturing (YIMM) Dyonisius Beti.



readmore »»  

Sensasi Menjinakkan Ducati Hyperstrada

Jakarta - Kehadiran Ducati Hyperstrada di Indonesia cukup mencengangkan. Terlebih harga jual Rp 350 Juta apakah asyik untuk dikendarai. Beruntung detikOto mendapat kesempatan seharian penuh merasakan motor super terbaru itu.

Bagaimana rasa di balik setang motor genre supermoto itu . Ini dia ulasannya!



readmore »»  

Sensasi Menjinakkan Ducati Hyperstrada

Jakarta - Kehadiran Ducati Hyperstrada di Indonesia cukup mencengangkan. Terlebih harga jual Rp 350 Juta apakah asyik untuk dikendarai. Beruntung detikOto mendapat kesempatan seharian penuh merasakan motor super terbaru itu.

Bagaimana rasa di balik setang motor genre supermoto itu . Ini dia ulasannya!



readmore »»  

Evolusi Mobil Tanpa Setir (3)

Jakarta - Mobil tanpa pengemudi dikatakan akan menjadi mobil masa depan. Tahun 2050, mobil-mobil di jalanan umum sudah mengusung teknologi otonom atau autopilot yang tidak lagi memerlukan campur tangan manusia.

Nah mau tahu bagaimana perkembangan dan pabrikan mana saja yang sudah menyatakan siap melahirkan mobil autopilot, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.



readmore »»  

Mobil Autopilot Google Bisa Jadi Ancaman Serius di Industri Otomotif

Detroit - Raksasa teknologi, Google akhirnya memiliki mobil autopilot atau otonom yang tidak memiliki setir, pedal gas dan rem. Google sudah mulai membangun 100 unit prototipe mobil otonomnya.

Kehadiran mobil itu diprediksi bisa menebarkan ancaman serius di industri otomotif global.


Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Product Development Chief General Motors (GM), Mark Reuss. Menurutnya, jika Google terus mengembangkan mobil itu masuk dalam produksi massal maka akan menjadi ancaman serius.


Reuss mengatakan, GM juga tengah mengembangkan mobil berteknologi serupa dengan Google. Tapi hal ini dimaksudkan bukan untuk menyaingi Google.


"Siapapun bisa melakukan apa saja dengan waktu dan uang. Bila mereka tetap menetapkan keinginan itu, saya tidak ragu bahwa mereka akan menjadi ancaman dan pesaing yang serius," kata Reuss seperti dilansir dari inautonews, Jumat (30/5/2014).


Untuk diketahui, pada 27 Mei 2014 lalu Google mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk menyebarkan setidaknya 100 unit mobil autopilot untuk mulai diuji di jalanan tahun ini.


Mobil autopilot Google ini berkapasitas 2 orang penumpang dan memiliki kecepatan maksimal 25 mil (40 km/jam).


Sementara dilansir Daily Star, GM pun sebenarnya sudah mengembangkan teknologi autopilot sendiri, setidaknya semi autopilot yang dinamakan Super Cruise.


GM sudah memperkenalkan kendaraan yang mengusung teknologi ini yakni EN-V di China beberapa waktu lalu. Memang tidak terlihat seperti sebuah mobil tetapi mirip sebuah kapsul.


Mobil otonom diprediksi akan menjadi mobil yang umum kita lihat di jalanan setidaknya dalam 2 dekade ke depan.


Di 2035 menurut analis IHS Automotive Egil Juliussen, mobil otonom diprediksi bakal mencapai 11,8 juta unit. Dan di tahun 2050, hampir semua mobil bakal menggunakan teknologi otonom.



readmore »»  

Ada Mobil Google, Selamat Tinggal Pengemudi Mabuk!

California - Inovasi yang dilakukan di industri otomotif setiap tahunnya terus berkembang. Teknologi dan inovasi yang paling baru adalah mobil tanpa pengemudi atau autopilot (self-driving). Para produsen mobil mulai melakukan penelitian, bahkan terakhir raksasa teknologi, Google mulai menguji 100 mobil autopilotnya.

Lahirnya mobil autopilot atau self-driving memang banyak menuai pro dan kontra. Tapi jika dilihat dari sisi positifnya banyak sekali yang diuntungkan, seperti bisa mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang mabuk dan lain sebagainya.


Bayangkan saja, dengan mobil autopilot Anda bisa melakukan perjalanan di pusat kota dengan aman atau bisa sambil melakukan hal lainnya selama di perjalanan seperti bercengkerama dengan anak karena Anda tidak perlu memperhatikan kemudi.


Seperti mobil autopilot Google yang diklaim dirancang untuk beroperasi dengan aman dan mandiri tanpa memerlukan campur tangan manusia. Bayangkan saja, mobil itu tidak memiliki setir kemudi, pedal gas dan rem. Mobil itu dilengkapi dengan perangkat lunak dan sensor yang canggih sehingga mobil itu bisa berjalan dengan aman.


"Kami mulai dengan hal yang paling penting yakni masalah safety. Mobil itu memiliki sensor yang dapat mendeteksi benda-benda yang ada disekitarnya," Director Self-Driving Car Project, Chris Urmson.


Tak hanya itu, menurutnya mobil Google ini juga kecepatannya telah dibatasi yakni hanya 25 mph dan di dalam kabinnya hanya bisa dihuni oleh 2 orang penumpang yang dilengkapi dengan sabuk pengaman dan beberapa tombol termasuk tombol untuk menyalakan dan mematikan mesin serta layar yang menunjukan rute perjalanan.


"Kita akan belajar banyak dari pengalaman ini dan jika teknologi ini berkembang seperti yang kita harapkan, maka kita akan bekerjasama dengan mitra untuk membawa teknologi ini ke dunia yang nyata untuk mengutamakan keselamatan berkendara," lugasnya.



readmore »»  

Evolusi Mobil Tanpa Setir (2)

Jakarta - Setelah 4 kehebatan mobil masa depan telah terpaparkan, masih ada beberapa kelebihan mobil autopilot lainnya. Bahkan tanpa disadari mobil autopilot telah dikembangkan diberbagai negara dan telah memiliki peran tersendiri.

Nah mau tahu apa saja, yuk kita simak yang berikut ini. Seperti yang dilansir CNN, Kamis (23/5/2014).



readmore »»  

Evolusi Mobil Tanpa Setir (2)

Jakarta - Setelah 4 kehebatan mobil masa depan telah terpaparkan, masih ada beberapa kelebihan mobil autopilot lainnya. Bahkan tanpa disadari mobil autopilot telah dikembangkan diberbagai negara dan telah memiliki peran tersendiri.

Nah mau tahu apa saja, yuk kita simak yang berikut ini. Seperti yang dilansir CNN, Kamis (23/5/2014).



readmore »»  

Evolusi Mobil Tanpa Setir (1)

Jakarta - Mobil tanpa awak, tanpa stir dan tanpa pedal gas atau rem, jelas menandakan dunia otomotif kian berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Bahkan banyak yang tidak menyadari perkembangan otomotif ini sudah banyak melahirkan mobil-mobil canggih didalamnya.

Nah kali ini detikoto coba mengupas satu per satu mobil masa depan apa saja, yang sudah diperlihatkan ke masyarakat. Dan teknologi apa yang akan diperkenalkan dimasa depan.


Penasaran, yuk kita simak yang berikut ini, seperti yang dilansir CNN, Kamis (29/5/2014).



readmore »»  

Evolusi Mobil Tanpa Setir (1)

Jakarta - Mobil tanpa awak, tanpa stir dan tanpa pedal gas atau rem, jelas menandakan dunia otomotif kian berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Bahkan banyak yang tidak menyadari perkembangan otomotif ini sudah banyak melahirkan mobil-mobil canggih didalamnya.

Nah kali ini detikoto coba mengupas satu per satu mobil masa depan apa saja, yang sudah diperlihatkan ke masyarakat. Dan teknologi apa yang akan diperkenalkan dimasa depan.


Penasaran, yuk kita simak yang berikut ini, seperti yang dilansir CNN, Kamis (29/5/2014).



readmore »»  

Mobil Google Masih Miliki Potensi Bahaya

California - Memiliki tampang imut bak mobil dari film kartun, mobil bikinan Google menghentak dunia. Tanpa roda kemudi atau pedal, mobil ini bisa berjalan ke tujuan tanpa di kemudikan. Tapi bagi banyak analis, teknologi mobil otonom masih memiliki kelemahan, terutama dalam hal keamanan.

Google sudah mengumumkan kalau mereka akan membangun kendaraan purwarupa atau prototype yang bisa menampung dua orang ini sebanyak 100 unit. Dengan total akan membangun sekitar 200 unit di Detroit.


Tenaga listrik yang digunakannya nanti akan bisa membuatnya berlari sampai 25 mph atau sekitar 40 km/jam.


Kabin mobil ini cukup sederhana. Tidak ada roda kemudi atau pedal gas. Yang ada hanya tombol start-stop untuk menghidupkan dan mematikan mobil.


Pada versi purwarupa, akan ada kontrol tambahan yang dipasang agar test driver Google bisa mengambil alih kontrol jika terjadi masalah.


Chris Urmson, director self-driving project Google percaya kalau dari waktu ke waktu teknologi akan tumbuh dan roda kemudi tidak akan lagi diperlukan.


Untuk sampai ke tujuan, mobil yang memiliki bemper lembut dan kaca depan fleksibel yang berguna untuk mengurangi cedera pejalan kaki bila terjadi kecelakaan tersebut akan mengandalkan peta jalan Google. Mobil ini akan membaca peta dan mencari jalur tercepat ke tujuan.


Kombinasi laser dan radar serta kamera akan secara bersama-sama membantu mobil untuk menilai situasi jalan.


Simulation of road


BBC


Tapi Sven Beiler, direktur eksekutif dari Center for Automotive Research di Stanford memperingatkan bahwa mobil dengan autopilot mungkin masih memerlukan input manusia dalam keadaan ekstrem dan bahwa orang mungkin lupa bagaimana mengoperasikan kendaraan mereka jika mereka tidak melakukannya secara teratur.


Hal ini bisa sangat berbahaya dalam situasi darurat di mana komputer tidak tahu bagaimana harus bereaksi dan meminta masukan dari manusia.


Namun, Ron Medford, orang yang sebelumnya merupakan wakil direktur Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang kini menjadi direktur keamanan untuk tim self-driving car team di Google yakin jumlah kecelakaan bisa dikurangi secara drastis dengan menghilangkan kemungkinan kesalahan pengemudi.


"Saya pikir ini memiliki potensi untuk menjadi teknologi keamanan yang paling penting di industri otomotif yang pernah ada," katanya seperti detikOto kutip dari BBC.



readmore »»  

Mobil Google Bisa Kurangi Kecelakaan?

California - Raksasa teknologi Google akhirnya benar-benar membuat mobil. Uniknya, mobil ini tidak memiliki roda kemudi atau pedal. Namun Google berpendapat teknologi mutakhir yang dikandung mobil ini mampu mereduksi angka kecelakaan lalu lintas di masa depan.

Google memulai membangun mobil sendiri setelah menguji teknologi mobil otonom sepanjang 700.000 km. Mobil ini bisa berjalan ke tujuan tanpa dikemudikan manusia. Tampang mobil ini cukup nyentrik karena memiliki wajah yang mirip dengan mobil di film kartun.


Co-founder Google Sergey Brin mengungkapkan kalau mereka sangat bersemangat dalam pengembangan mobil ini dan memahami bila di masa depan mobil ini akan mengubah cara pandang masyarakat terkait mobilitas sebuah kendaraan.


Untuk permulaan, Google akan membangun kendaraan purwarupa atau prototype yang bisa menampung dua orang ini sebanyak 100 unit. Dengan total akan membangun sekitar 200 unit di Detroit.


Tenaga listrik yang digunakannya nanti akan bisa membuatnya berlari sampai 25 mph atau sekitar 40 km/jam. "Kita lihat saja kendaraan ini di jalan dalam tahun ini," kata Director Self-Driving Project Google Chris Urmson.


Ron Medford, orang yang sebelumnya merupakan wakil direktur Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang kini menjadi direktur keamanan untuk tim self-driving car team di Google yakin jumlah kecelakaan bisa dikurangi secara drastis dengan menghilangkan kemungkinan kesalahan pengemudi.


Simulation of road


Cara mobil Google membaca jalan (dok BBC)


Hal itu menurutnya penting karena akan membuat jalan lebih aman dan mengurangi kemacetan. Karena di Inggris saja ada 23.500 orang tewas di 6 bulan pertama 2013 karena kecelakaan lalu lintas.


"Saya pikir ini memiliki potensi untuk menjadi teknologi keamanan yang paling penting di industri otomotif yang pernah ada," katanya seperti detikOto kutip dari BBC.



readmore »»  

Mengenal Mobil Polisi di Beberapa Negara

Jakarta - Polisi memang harus diberikan fasilitas yang mumpuni untuk menjalankan tugasnya. Karena itu mobil super canggih, mewah dan mahal dipilih untuk membantu menjalankan tugas polisi.

Nah, selama ini beberapa satuan kepolisian di beberapa negara sudah melengkapi mobil-mobil canggih. Tak tangguh-tangguh mobil super cepat digunakan untuk mengejar penjahat. Dengan dukungan ini, polisi semakin agresif menjalankan tugasnya. Mau tahu mobil-mobil polisi di beberapa negara, berikut mobil-mobil seksi yang dimiliki oleh kepolisian di berbagai negara.



readmore »»  

Mobil Murah, yang Mana Paling Laris Saat Ini?

Jakarta -

Mobil berharga terjangkau (Low Cost and Green Car) kian banyak di jalanan akhir-akhir ini. Mobil ini menjadi pilihan baru masyarakat kelas menengah. Namun yang mana paling banyak dibeli saat ini?


Seperti detikOto kutip dari data-data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Astra Toyota Agya masih merupakan mobil LCGC yang paling populer.

Sepanjang Januari-April 2014, Agya sudah terjual sebanyak 26.852 unit, disusul Astra Daihatsu Ayla 16.729 unit, Suzuki Karimun Wagon R sebanyak 8.060 unit dan terakhir Honda Brio Satya 6.007 unit.


Khusus untuk Brio Satya, Honda sepertinya sudah mulai memproduksi Brio. Selama ini mereka lebih fokus pada Mobilio. Penjualan Honda Brio anjlok sampai 425 unit pada Maret 2014 dari 2.061 unit pada Februari 2014.


Kini di bulan April penjualan mobil ini sudah melebihi 1.000 unit kembali.


"Lagi penuhi produksi Mobilio karena inden dari IIMS yang sudah agak lama. April (kembali normal)," ujar Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy beberapa waktu lalu.



readmore »»  

Jajal Kehandalan Mobil Murah Datsun di Kota Para Wali

Cirebon - Mobil di segmen Low Cost and Green Car (LCGC) kembali bertambah dengan hadirnya mobil murah dari pabrikan Datsun. Mobil murah Datsun itu bernama GO+ Panca yang siap bersaing dengan mobil murah lainnya seperti Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki Wagon R dan Toyota Agya.

Nah, pada akhir pekan lalu, Datsun Indonesia langsung mengajak sejumlah awak otomotif nasional untuk menguji kehandalan mobil murahnya itu. Kota Cirebon atau yang dikenal sebagai kota Wali menjadi tujuan utama dalam menguji kehandalan Datsun GO+ Panca.


Mau tau seperti apa kehandalan mobil murah Datsun ini? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!



readmore »»