Jakarta - Mitsubishi Outlander Sport baru saja diluncurkan awal pekan ini dengan harga mulai dari Rp 302 juta - Rp 342 juta on the road Jabodetabek. Pastinya membuat pecinta Compact SUV ini penasaran bagaimana rasa Outlander Sport setelah dipermak.
Beruntung, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku Agen Pemegang Merek Mitsubishi di Indonesia memberikan kesempatan bagaimana rasa Mitsubishi Outlander Sport terbaru dalam rangkaian acara test drive SUV Outlander Sport pada Rabu-Jumat 21-23 Mei 2014. Rute yang diambil ke Bandung melintasi Jakarta-Cipularang-Bandung.
Acara test drive 3 hari ini tentu bakal mengungkap secara detil performa SUV Outlander Sport.
Dan dalam kesempatan kali ini tersedia 10 Mitsubishi Outlander Sport untuk diuji coba. detikOto bersama dengan 2 media lainnya merasakan Mitsubishi Outlander Sport GLS Rp 317 juta.
Outlander Sport GLS memiliki tampilan depan yang sangat mirip dengan Outlander Sport tipe lainnya. Bentuk depannya memiliki grille sporty dan stylish lengkap dengan foglamp.
Bagian luarnya tambah mewah dengan penambahan komponen baru seperti 4 sensor parkir, lampu reflektor, retracable door mirror dengan turning lamp, lampu kabut dan semakin sporty dengan pelek 17.
Masuk ke dalam kabin, detikOto menjadi penumpang belakang terlebih dulu. Pantauan detikOto saat memasuki kabin penumpang menyimpulkan bagian interiornya sangat sederhana cuma balutan bahan dan minim kulit. Interiornya kaya dengan warna hitam, cuma pilar-pilar dan atap yang menggunakan warna abu-abu.
Tapi duduk di kursi belakang cukup nyaman karena sudut kemiringan kursi belakang telah 'dimainkan' sebanyak 6 derajat lebih miring. Perubahan sudut kemiringan itu tentu saja mempengaruhi kenyamanan penumpang belakang. Posisi badan juga lebih rendah dari pinggiran pintu. Penumpang belakang seperti terlindungi rangkaian besi dan pelat bodi.
Untuk penumpang tinggi badan 167 cm rasanya cukup pas. Leg room cukup luas dan jelas menambah kenyamanan. Menariknya kursi belakang tersedia arm rest yang terintegrasi 2 cup holder.
Sayang konstruksi atap belakang terlalu rendah sehingga dekat dengan kepala. Sedikit kritik bagaimana jika Mitsubishi merevisi desain atap belakang namun tetap mempertimbangkan kestabilan kendaraan SUV kompak itu.
Melongok ke kabin penumpang depan. Dasbornya sudah menggunakan layar sentuh 7 inci dengan fitur bluetooth. Tidak ada yang wah dengan desain dasbor. Mitsubishi menggunakan teknik carbon printed dashboard agar lebih mewah.
Sedangkan pembaruan lainnya pada desain kemudi yang menggunakan 3 palang plus audio switch pada bagian kiri kemudi. 3 panel AC tidak menggunakan tombol, tapi diputar dan cukup simple penggunaannya.
Saat ini, SUV kompak banyak mendapat kritikan soal keamanan. SUV kompak disebut-sebut tidak menyuguhkan fitur keamanan mumpuni untuk melindungi penumpang dan pengendara dari dampak benturan. Tapi tidak bagi kendaraan satu ini. Meski berada di segmen SUV kompak, kendaraan 5 penumpang Outlander Sport GLS ini sudah terselip fitur keamanan SRS airbag. Nilai plus untuk Mitsubishi Outlander Sport GLS.
Mobil terus berjalan menuju ke tol Cikampek, Jawa Barat melewati jalan rusak dan bergelombang.
Beruntung redaman suspensi lumayan baik meski deru suara ban masuk ke kabin penumpang. Agak mengganggu sih, tapi cukup lega ketika kedap suaranya cukup baik.
Suara mesin kapasitas 2.000 cc MIVEC yang mampu melontarkan tenaga 150 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 20,1 kgm pada 4.200 rpm tidak sampai ke kabin penumpang.
Bahkan rekan detikOto yang tengah menyetir pun sempat tak sadar jika mobil sudah berlari di kecepatan 100 km/jam. Menurutnya mobil tetap stabil dan mudah dikendalikan.
"Enggak terasa sudah 100 km/jam. Mobil enteng. Namanya juga mobil baru," kelakarnya sambil terus fokus mengendalikan Mitsubishi Outlander Sport menuju Bandung, Jabar.
Kesimpulannya, Outlander Sport GLS memiliki desain eksterior yang apik dan ruang penumpang yang cukup lapang. Dan untuk performa mesin dan handling, detikOto bakal menyampaikan ulasan berikutnya. Pantau terus detikOto!