'Ada Mobil Murah, Industri Otomotif Indonesia Bisa Bersaing dengan Thailand'

Jakarta - Mantan nomor 2 di Indonesia, Jusuf Kalla menilai kalau industri otomotif nasional terus menunjukan taringnya. Bagaimana tidak, setiap tahun penjualan mobil terus meningkat dan banyak investor-investor asing yang berani menanamkan modalnya di Indonesia.

Dengan begitu, JK optimistis kalau industri otomotif Indonesia bisa bersaing ketat dengan Thailand di ASEAN. Bahkan dalam waktu yang tidak lama lagi bisa sejajar dengan Thailand.


"Pasar bebas ASEAN 2015 sebentar lagi, kita harus bisa bersaing dengan Thailand. Kita jangan sampai lengah, lengah sedikit kita akan kalah dengan Thailand," tegasnya saat berkunjung ke Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa sore (24/9/2013).


Menurut JK dalam waktu 2 tahun kedepan diyakini bisa menyamai kedudukan Thailand di industri otomotif. Dari hulu sampai hilir pemainnya sudah ada, apalagi hadirnya program Low Cost Green Car (LCGC) yang bisa menyerap tenaga kerja yang banyak.


"Ini kan (mobil murah) kandungan lokalnya 80 persen, jadi jangan bangsa ini mobilnya mahal marah mobilnya murah marah juga. Anda jangan beri pengaruh begitu, bagaimana caranya? masa tidak senang yang murah dan industri otomotif Indonesia maju, senang kan? Tuntasnya seraya berpamit.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com