Wiranto dan Fahmi Idris Saksi Kelahiran Kembali Fiat di RI

Jakarta - Nama Wiranto dan Fahmi Idris selama ini memang dekat dengan merek mobil-mobil Chrysler. Jadi ketika Fiat (induk Chrysler) masuk ke Indonesia, keduanya pun sumringah.

Capres 2014 dari Partai Hanura dan mantan menteri perindustrian itu menjadi saksi kelahiran merek Italia itu. Keduanya menghadiri peluncuran Fiat di IIMS 2013.


Ada 2 mobil yang diluncurkan Fiat yakni Fiat 500C Convertible dan 500 Sunroof.


"Ini brand baru, brand yang cukup lama ditunggu. Brand ini memiiki sejarah yang banyak," kata CEO PT Garansindo Inter Global Tak, Muhammad Al-Abdullah di booth Chrysler, JI Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (19/9/2013).


Menurut pria yang akrab disapa Memed, mobil mungil Fiat mengawali kiprah di Indonesia dengan nilai budaya dan seni yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. Fiat akan bersaing langsung dengan MINI.


"Mobil ini mempunyai nilai budaya, seni dan sejarah yang cukup tinggi di kancah dunia internasional termasuk Indonesia," kata Memed.


Mulai dipasarkan di IIMS


Di Indonesia, 500C Convertible dan 500 Sunroof dibanderol Rp 300 jutaan. Mobil sudah bisa dipesan langsung ajang otomotif termewah di Indonesia dengan masa inden 2-3 bulan.


"Inden kurang lebih 2-3 bulan," yakin Memed.


Fiat 500 menggendong mesin 1.4-liter inline-four yang bisa menyemburkan tenaga hingga 101 hp and dan memiliki torsi hingga 133 Nm. Dan hanya butuh waktu 9,8 detik untuk bisa berlari 0-100 km/jam. "Mobil ini dari luar kecil, tapi badan saya yang besar cukup di dalamnya," ujar Fahmi Idris.