Di Jepang, Mobil Murah Larisnya di Kampung-kampung

Jakarta - Kehadiran mobil murah di Indonesia menarik perhatian warga negara asing. Negara asal mobil-mobil Indonesia, Jepang, juga memiliki berbagai merek mobil murah. Di sana, mobil itu disebut kei car atau mobil kecil. Uniknya mobil-mobil ini laris manis di kampung dan bukan daerah perkotaan.

Hal itu disampaikan seorang warga Jepang, Atsushi Tsuchiya, saat berbincang dengan detikOto di Jakarta.


"Rata-rata terjual di kampung. Di luar Tokyo. Orang-orang Tokyo biasanya orang-orang berduit, jadinya mereka minta mobil yang high end (mahal)," ujar Atsushi san.


Seperti halnya mobil murah di Indonesia, harga kei car umumnya dijual murah sebesar 1 juta yen atau sekitar Rp 100 jutaan. Hampir sama dengan mobil Low Cost and Green Car (LCGC) di Indonesia.


Kei car pun menjadi mobil populer di Jepang dan selalu berada di urutan daftar mobil terlaris.


"Orang Jepang suka karena mereka biasanya keluarga yang jumlah anggota keluarganya maksimal 4 orang, jadi mereka membutuhkan mobil yang kecil enggak terlalu besar," ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai editor sebuah media Jepang ini.


Namun dia memperkirakan, harga LCGC di Indonesia tidak bakal terus selamanya murah. Kei car pun bernasib demikian. Awal mulanya untuk mendorong penjualan, kei car dijual murah, namun lama-lama pajak yang lebih tinggi diterapkan sehingga membuat harga mobil lebih mahal.


Mmm, akankah mobil murah Indonesia juga laris manis di daerah dan bukan di Jakarta? Bagaimana menurut Otolovers?