Fahmi Idris: Mobil Murah Ada di Semua Negara

Jakarta - Kehadiran mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) di Indonesia diprotes oleh berbagai kalangan termasuk beberapa pemerintah daerah karena dikhawatirkan akan membuat kemacetan makin parah. Apa komentar mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris yang turut membidani kelahiran mobil murah?

"Mobil murah itu ada di semua negara. Bagaimana pun ada masyarakat yang naik kelas. Dan pada saat dia naik kelas dan dia ke itu (dari motor ke mobil murah)," kata Fahmi di JI Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (19/9/2013).


Menurut Fahmi yang juga sempat membidani kelahiran mobil murah ini di tahun 2009 lalu, mobil murah akan dipilih oleh masyarakat yang hendak naik kelas.


Dan dia mengutarakan, LCGC sangat masuk akal di Indonesia. Namun seperti yang dikatakan Fahmi, mobil murah janganlah murahan. Mobil murah dan ramah lingkungan harus sesuai dengan standar international.


"Tapi syarat (memenuhi aspek) keselamatan. Memenuhi syarat keamanan," ucap Fahmi.


Lantas bagaimana menanggapi Gubernur Jakarta, Joko Widodo yang menolak kehadiran mobil murah dan ramah lingkungan di Jakarta? "Pak Jokowi punya mazhab sendiri, saya realistis menghadapi perkembangan di masyarakat," tutup Fahmi.