Ini Syarat Mobil Murah Tidak Bikin Macet di Jakarta

Jakarta - Baru saja meluncur resmi di Indonesia, namun mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) menuai polemik berkepanjangan. Sebenarnya ada syarat agar mobil murah tidak membuat macet.

Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris mengatakan mobil murah dan ramah lingkungan tidak akan menambah kemacetan di Jakarta asalkan insfrastruktur jalan dan angkutan umum di Jakarta memadai.


Oleh karena itu, dia menyarankan, pemerintah harus membenahi kondisi jalan di Jakarta untuk meminimalisir kemacetan yang kian menjadi-jadi.


"Konsep berpikir terbalik. Di mana saja di dunia kendaraan itu membutuhkan insfrastruktur memadai. Pertumbuhan mobil dan motor luar biasa. Mestinya pertumbuhan jalan untuk bus, kereta harus ada," tegas Fahmi di IIMS, JI Expo, Kemayoran.


Dia mengatakan mengapa masyarakat lebih memilih naik motor atau kendaraan mobil pribadi, karena ketidaknyamanan infrastruktur jalan di Jakarta hingga menyebabkan kemacetan.


"Kenapa orang dipilih masyarakat dan mereka rela berdesak-desakan. Karena tidak ada pilihan lain. Kalau ada bus atau angkutan umum lain dari rumah ke kantor, mereka pasti naik bus, dan itu tak ada sekarang. Pilihan itu tak ada. Dan terpaksa mereka pilih motor. Yang murah dan bisa kredit," ucapnya.


Oleh karena itu, dia menjelaskan, mobil murah dan ramah lingkungan tidak bakal membuat jalan Jakarta semrawut jika ditopang dengan kondisi insfratruktur jalan dan angkutan umum yang memadai.


"Infrastruktur jalan dan angkutan umum yang memadai itu intinya," tutup Fahmi.