Kenapa Pakai Nama Karimun Lagi Suzuki?

Jakarta - Suzuki baru saja memperkenalkan mobil murah mereka, Suzuki Wagon R. Mobil ini merupakan lawan dari Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Datsun Go+. Namun, kenapa Suzuki kembali menggunakan nama Karimun dan siapa target pasar mobil ini?

4W Marketing and DND Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy Tuilan menjelaskan kalau Karimun Wagon R menyuguhkan berbagai faktor yang dibutuhkan konsumen seperti ukuran yang kompak, mesin irit BBM dan interior lapang.


"Calon pembeli mobil ini adalah mereka yang menggunakan motor, mempertimbangkan mobil bekas, dan menambah mobilnya," katanya seraya menjelaskan kalau mobil ini akan dibuat di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.


Sementara Representative Director/Executive Vice President Suzuki Motor Corp Toshihiro Suzuki menjelaskan alasan pemilihan kembali nama Karimun pada mobil ini. Alasannya cukup sederhana, karena nama Karimun sudah dikenal masyarakat.


"Kenapa Karimun? Karimun ini nama pulau dan mobilnya sudah kami pasarkan sejak 98, kami anggap nama karimun ini sudah dikenal masyarakat, karena itu kita pakai lagi," lugasnya.


Karimun Wagon R sendiri akan menggunakan mesin generasi terbaru K10B, DOHC yang ringan dan bertenaga, Multi Point Injection serta Penggerak Roda Depan (FWD).


Dengan menggunakan mesin berkapasitas 1,000 cc, 12 valve dengan 3

silinder bertenaga 68 PS dan torsi 90Nm, membuat Karimun Wagon R yang baru bakal dijual pada Oktober mendatang lebih bertenaga, dengan ditunjang transmisi manual 5-percepatan.


Mobil ini menurut rencana akan segera diluncurkan di Oktober mendatang.