Awas, Mobil Murah Pakai Premium, Garansi Batal

Jakarta - Dalam regulasi mobil murah atau LCGC (low cost and green car) pemerintah memang mengatur kalau mobil murah harus menggunakan bahan bakar minyak (BBM) non subsidi atau RON 92.

Lalu bagaimana jika pengguna mobil murah Daihatsu Ayla menggunakan BBM subsidi?


Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR menuturkan kalau secara peraturan memang pengguna Ayla diharuskan untuk menggunakan RON 92. Tapi semua itu tergantung dari konsumennya itu sendiri.


"Itu sendiri tergantung konsumennya, kami menganjurkan kalau harus menggunakan BBM RON 92, kalau pakai BBM subsidi daya tahan mesinnya akan berkurang karena setingannya sudah disesuaikan dengan RON 92," ujar Sudirman kepada detikOto di booth Daihatsu di IIMS 2013, JI Expo, Kemayoran, Jumat (20/9/2013).


Dijelaskan Sudirman, jika memang saat melakukan servis ditemukan ada komponen yang rusak maka dan ditemukan kalau Ayla tersebut menggunakan BBM subsudi maka garansinya akan tidak berlaku.


"Kita lihat situasinya dulu seperti apa, jika memang konsumen itu menggunakan BBM subsidi maka otomatis garansi akan tidak berlaku," pungkasnya.