Toyota Pertimbangkan Produksi Teknologi Mobil Balap Le Mans

Jakarta - Toyota pernah menorehkan tinta sejarah sebagai merek Jepang pertama yang tampil di ajang balap ketahanan 24 jam di Le Mans. Di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 Toyota memboyong mobil balap tersebut. Mobil itu tidak lain adalah TS030 Hybrid.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menuturkan kalau niat untuk memproduksi massal ada tapi mungkin hanya teknologinya saja. Misalnya akan diaplikasikan kepada model-model mobil Toyota di masa yang akan datang.


"Kita sedang mempelajarinya. Kemungkinan hanya teknologinya saja yang akan diterapkan untuk diproduksi massal," kata Rahmat Samulo kepada wartawan di booth Toyota di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/9/2013).


Toyota TS030 Hybrid itu sendiri berbekal perkawinan antara 2 sistem penggerak mesin konvesional dan mesin listrik. Perkawinan 2 sistem ini menjadi senjata TS030 Hybrid dalam lintasan jet darat di Le Mans.


Toyota System-Racing (THS-R) menggabungkan mesin konvesional 3.400 cc berkonfigurasi V8 berdaya 530 hp dengan motor listrik berdaya 300 hp sehingga secara total TS030 Hybrid memiliki daya sebesar 830 hp atau hampir setara dengan kendaraan kelas formula.


Mobil ini sangat unik dimana berbasis hybrid powertrain yang menampilkan keandalan dan performa yang mengesankan.


"Pokoknya kita akan terus menampilkan kendaraan yang penuh dengan inovasi tinggi di kemudian hari," tutupnya.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com