Motor dengan Supercharger Pertama di Dunia

Tokyo - Kawasaki selama ini dikenal sebagai produsen motor Jepang yang gemar membuat kendaraan kencang. Di masa depan mereka bakal punya amunisi baru karena saat ini Kawasaki diketahui tengah mengembangkan mesin yang dilengkapi dengan supercharger. Ini pertama kalinya di sepeda motor.

Kawasaki memamerkan mesin tersebut di Toyota Motor Show namun tidak menjelaskan lebih rinci spesifikasi mesin ini dan berapa tenaga yang bisa dihasilkannya.


Namun spekulasi berhembus kalau mesin ini bisa jadi mesin yang minimal berkapasitas 1.000 cc yang akan dipasangkan pada generasi berikutnya ZZR1400 meski tentu saja hal ini tidak bisa dikonfirmasi.


"Kawasaki Heavy Industries, Ltd juga memiliki sejarah panjang untuk mengembangkan teknologi untuk mesin turbin. Nyawa dari turbin ini adalah pisau mereka, yang harus mampu mengatasi panas yang ekstrem dan getaran saat berputar di kecepatan tinggi," tulis Kawasaki dalam sebuah pernyataan seperti dirilis motorcycle, Rabu (27/11/2013).


"Tahu bagaimana merancang pisau mesin turbin yang ditanamkan di supercharger pertama kali dikembangkan oleh produsen sepeda motor. Dan tentu saja, merancang sepeda motor menggunakan mesin supercharged in-house berarti efisiensi maksimum bisa dikejar," tambah merek Jepang ini.


Bila mesin ini benar-benar diproduksi, mesin Kawasaki ini akan menjadi mesin motor pertama yang sudah mengaplikasi supercharger sebagai standar. Saat ini supercharger hanya dijadikan opsional atau bahan modifikasi para penggila kecepatan.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com