200.000 Unit Mobil Murah Datsun Siap Diproduksi

Jakarta - Datsun sudah memastikan akan ikut bertarung di pasar mobil Low Cost and Green Car (LCGC). Mereka akan mengajukan proposal LCGC ke Kementreian Perindustrian (Kemenperin) pada Desember 2013. Jika tidak ada halangan, sertifikasi LCGC untuk Datsun rampung pada Februari 2014.

"Desember kita submit ke pemerintah, tahun depan sudah bisa. Kita akan produksi di pabrik Nissan di Cikampek dengan kapasitas 200.000 ribu unit di 2016," kata General Manager Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja di Foundry 8 di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (28/11/2013).


Menurut Indri setelah proposal LCGC Datsun sampai di tangan pemerintah, mobil Datsun akan diuji bersama-sama yang melibatkan surveyor dari pemerintah. Survei tersebut meliputi kesiapan pabrik dan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil Datsun.


"Setelah masuk propsal, mobil akan diuji, pabrik juga. Setahu saya, surveyor dan Nissan Jepang pasti terlibat pengujian," imbuhnya.


Nah, proses survei Datsun agar bisa mengikuti program LCGC akan berlangsung sangat ketat, namun wanita yang akrab disapa Indri ini, Datsun Indonesia berkeyakinan akan lolos program LCGC yang dicanangkan pemerintah.


"Kita yakin, Februari 2014 mudah-mudahan ikut LCGC, mudah-mudahan," tutur Indri.


Setelah sertifikat LCGC didapat, Datsun baru memproduksi Datsun dan meluncurkan secara resmi di pasar otomotif Indonesia.