Hujan Saat Touring, Apa yang Harus Dilakukan Bikers?

Bandung - Cuaca di sejumlah kota di Indonesia memang sedang memasuki musim hujan. Bahkan di kota-kota tertentu curah hujannya sudah mulai tinggi.

Nah, buat Otolovers yang punya niat untuk touring dalam waktu dekat ini harus tetap berhati-hati.


Sebab, kondisi cuacanya sedang tidak bersahabat. Jika tetap jalan turing dalam kondisi hujan, apa yang harus dilakukan oleh para bikers?


Pemimpin riders selama Road Warriors detikOto 2013 dari Jakarta Road Survival, Andry Berlianto mengatakan kalau di tengah jalan saat touring hujan maka ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh para bikers.


Menurut Andry, pertama lihat dulu curah hujannya sebesar apa, kalau hanya gerimis pakai jas hujan saja sudah cukup, tapi kalau deras lebih baik berhenti sampai hujannya kecil karena potensi kecelakannya saat hujan lebat itu tinggi.


"Bisa saja ada kejadian yang tidak bisa kita duga seperti ada pohon tumbang atau apalah yang bisa membuat kita celaka," katanya.



Selain itu, saat hujan daya cengkram pengereman di motor juga akan sedikit berkurang, jadi harus sedikit menjaga jarak dengan kendaran lainnya terutama yang ada di depan.


"Saat hujan itu kita harus mengukur kemampuan diri kita sendiri. Kita bisa mengatur atau menyesuaikan dengan kondisi alam," katanya lagi.


Selain itu, Andry menyarankan kalau saat hujan jangan sekali-kali menggunakan jas hujan model ponco atau batman karena bisa membahayakan diri sendiri terutama bagi pengendara yang menggunakan motor ada rantainya.


"Pakai jas hujan yang model baju sama celana saja dan juga kalau bisa pakai yang warnanya terang agar telihat oleh kendaraan lain. Pakai juga sarung tangan agar lebih hangat dan jangan sudah pakai sepatu diganti sendal, itu bahaya juga ketika kita mengalami insiden atau kecelakaan karena akan langsung menyentuh dengan bagian kulit," pungkasnya.


Nah, Otolovers semoga tips dan trik kali ini berguna bagi Anda yang ingin tetap melakukan turing disaat cuaca yang kurang bersahabat ini.






Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com