Range Rover Sport Hybrid untuk Indonesia 'Nongol' di Tokyo

Tokyo, - Model hybrid perdana Land Rover, Range Rover Sport Hybrid yang sudah dinanti konsumen di Asia akhirnya menampakkan diri di pameran mobil terbesar di Jepang Tokyo Motor Show 2013.

Kemunculan Range Rover Sport Hybrid dengan setir kanan ini disambut meriah para jurnalis otomotif yang meliput acara otomotif TMS 2013.


Sebelumnya mobil ini diluncurkan di Eropa oleh Land Rover Global Brand Director John Edwards. Di Jepang, SUV premium Range Rover Sport Hybrid berbalut warna merah marun metalik.


Sepintas tidak ada perbedaan antara Range Rover Sport dan Range Rover Sport Hybrid. Tapi jika membuka kap mesinnya, tersibak teknologi mutakhir dari mobil yang diproduksi di Inggris ini.


Range Rover Sport Hybrid disokong mesin diesel 3 liter SDV6 bertenaga 292 Ps. Mesin ini dipadukan dengan motor listrik berkekuatan 35kW. Untuk menyalurkan daya digunakan transmisi ZF otomatis dengan 8 percepatan. Dalam mode elektrik Range Rover Hybrid bisa melaju pada kecepatan 48km/jam sejauh 1,6 km. Setelah itu giliran mesin diesel yang akan mendorong mobil.


Jika mesin diesel dan listrik bekerjasama bisa menghasilkan tenaga maksimum 340 Ps pada 4.000 rpm dan torsi terbesar di kelasnya yakni 700 Nm pada 1.500-3.000 rpm. Land Rover mengklaim konsumsinya BBM 18,7 km per liter.


Bahkan untuk membuktikan ketangguhannya, 3 unit Range Rover Hybrid diuji dari Solihull Inggris menuju Mumbai India melintasi jalan 16.000 km (termasuk jalur sutera yang legendaris sejauh 4.000 km) dan melewati 12 negara dengan jalan yang menantang.


Kabarnya di Inggris mobil ini akan mulai dikirimkan pada awal 2014.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com