Menanti Mobil Autopilot Menjadi Nyata

Tokyo - Tidak hanya mobil listrik, mobil autopilot atau mobil yang tidak memerlukan pengendara akan menjadi kendaraan di masa depan.

Melihat betapa efektifnya kendaraan autopilot, Presiden Japanese Automobile Manufacturers Association (JAMA) Akio Toyoda, 'ngebet' menciptakan mobil tersebut.


Keinginan Toyoda menciptakan mobil autopilot disampaikan di depan Vice Chairman Nissan Motor Co Toshiyuki Shiga, Chairman and Representative Director Honda Motor Co Fumihiko Ike, CEO Mazda Motor Co Masamichi Kogai dan Presiden Mitsubishi, Osamu Masuko dalam pembukaan Tokyo Motor Show ke-43 di Park Tower Tokyo, Selasa (19/11/2013).


"Autopilot ini sangat menyenangkan. Ini adalah kendaraan yang mengombinasikan antara mobil dan infrastruktur jalan," kata CEO Toyota ini.


Toyoda menambahkan Toyota sendiri tengah meneliti kendaraan autopilot berikut infrastrukturnya agar bisa digunakan khalayak banyak. Tidak hanya Toyota, merek Jepang lain juga melihat ke arah sana yakni menguji sistem mobil autopilot.


"Industri otomotif saat ini menuju pada teknologi tersebut. Lambat laun kita akan mersakaan kendaraan itu," ucap Toyoda.


Mobil autopilot yang dikembangkan Toyota menurut Toyoda memiliki kemampuan berjalan sendiri dan menambah rasa aman pada pengendara dan penjalan kaki.


Sistem mobil autopilot ini sudah terintegrasi dengan komputer dan mumpuni mengenal medan dan kondisi jalan di depannya. Tidak hanya itu, antara mobil satu dan mobil lainnya juga bisa mengirimkan informasi sehingga mampun berjalan secara mandiri.


Sayang, Toyoda enggan menyebutkan kapan mobil autopilot bakal terwujud. Namun diprediksi, mobil autopilot akan terwujud pada 2020.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com