i-Road, Perkawinan Motor dan Mobil

Tokyo - Di masa depan kendaraan bakal memiliki banyak bentuk yang unik. Buktinya kendaraan konsep Toyota yang satu ini. Bernama i-Road, kendaraan ini adalah perkawinan antara motor dan mobil.

Toyota i-Road pertama kali diperlihatkan Toyota di ajang Geneva Motor Show dan langsung menarik minat para pecinta otomotif dunia.


Dengan memiliki desain termungil, kendaraan listrik dari Toyota ini siap menjadi transportasi perkotaan masa depan.


Kendaraan yang memiliki tiga roda dan bisa menampung dua penumpang ini mampu berjalan hingga 50 km dengan menggunakan kekuatan listrik yang tersimpan di baterainya. Kendaraan unik ini juga sudah menggunakan

teknologi yang disebut dengan 'Active Lean', yang membuat kendaraan dengan 3 roda ini bisa melakukan manuver miring layaknya sebuah sepeda motor.


Tidak perlu khawatir untuk terjatuh, soalnya kendaraan listrik mungil ini telah lolos dalam uji coba.


Di ajang Tokyo Motor Show yang saat ini tengah digelar di Jepang, i-Road kembali dipamerkan Toyota. Dan memang benar, ketika dicoba, i-Road bisa membelok dengan cukup miring tapi tetap memperlihatkan

kestabilan.


Toyota mengatakan kalau kendaraan yang memiki panjang 2.350 mm, tinggi 1.445 mm, memiliki wheelbase mencapai 1.700 mm, dan hanya memiliki berat mencapai 300 kg ini merupakan rangkaian penelitian 40 tahun Toyota untuk mencari kendaraan masa depan. Jadi bisa diperkirakan

kalau di tahun-tahun mendatang


Karena ini adalah perpaduan antara mobil dan motor, maka tidak heran kalau bentuknya seperti motor roda tiga tapi memiliki fungsi seperti mobil dengan atap untuk melindungi pengendara dari segala cuaca.


Baterai lithium ionnya menghasilkan tenaga hingga 2 kW, yang berfungsi untuk menggerakan mesin depan. Dan berkat tubuh mungilnya, i-Road diklaim mampu memberikan akselerasi yang cepat tanpa suara. Hanya

butuh 3 jam untuk mengisi ulang baterai sebelum berkendara.


Kelebihan lain i-Road adalah telah teraplikasinya sebuah ECU yang bisa menghitung berapa derajat yang dibutuhkan saat melakukan manuver, ECU juga akan terhubung bersama gyro-sensor dan bisa memberikan informasi seberapa cepat kendaraan ini melaju.


Sebuah sistem otomatis juga disediakan dimana i-Road bisa menerapkan sudut kemiringan untuk melawan gaya sentrifugal saat menikung.


Sistem ini juga beroperasi ketika i-Road sedang melaju dalam garis lurus di permukaan. Sistem di kendaraan ini akan secara otomatis mengkompensasi perubahan jalan untuk menjaga keseimbangan.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com