Mengintip Rahasia Pabrik Yamaha

Iwata - Disiplin kerja karyawan pabrik adalah salah satu kunci keberhasilan Yamaha Motor menjadi perusahaan raksasa. Ini terlihat saat detikOto menelusuri pabriknya di Iwata, Shizuoka, Jepang, pada Selasa (18/11/2013).

Seragam, topi, dan sarung tangan jadi bagian perlengkapan keamanan kerjanya. Tidak boleh ada kamera untuk mengambil kegiatan disini karena menyangkut rahasia perusahaan. Tidak ada percakapan yang tidak penting selama waktu kerja.


Sekitar pukul 09.30 waktu setempat gedung nomor 7 dari kompleks pabrik Yamaha, sebanyak 176 karyawan sudah standby.


Mereka tampak berdiri di posisi masing-masing. Gedung inilah motor Y900 Bolt dan WR250 diproduksi. Sekedar info, kedua jenis motor ini sedang booming di Amerika.


"Sehari sedikitnya disini bisa menghasilkan 30 unit Bolt, sedangkan unit lainya biasanya 70 unit yang dihasilkan," kata Shimajiri Yoshinobu, selaku supervisor prodoction departemen MC assembly factory body manufacturing section Yamaha Motor Co, Ltd.


Total ada 100 unit per hari adalah suatu standar minimal. Sehingga bisa 3.460 unit motor perbulannya yang dihasilkan.


Jenis lain motor yang diproduksi disini adalah XP500, YP400, YP250, XV950, XV1300, dan CP250. Model seperti YZ450 dan YZ250 sudah mulai berkurang diproduksi lagi saat ini.


Karyawan dituntut kerja dengan presisi sangat tinggi, tidak boleh ada satu kesalahan kecil. Meski demikian pekerja di sini tidak didominasi oleh usia 30-an saja, pekerja berusia tua masih nampak termasuk usia muda dan perempuan.


Dibutuhkan tingkat akurasi yang sangat tinggi, kalau tidak ingin membuat produk gagal.


Perangkat satu unit motor, seperti mur, baut, gear, dan yang lainnya disimpan dalam sebuah boks khusus.


Pada boks ini terdapat nomor sesuai jenis komponen. Lalu pekerja menimbangnya sebelum diantar ke unit lain. Kalau tidak sesuai ketentuan berat, berarti ada komponen yang kurang.


Setelah boks diisi komponen lengkap, maka kereta otomatis menjemputnya. Karyawan tinggal menyimpannya di atas kereta otomatis itu. Lalu diantar tanpa awak, karena digerakan oleh sistem elektromagnet yang terprogram. Dia berjalan sesuai jalur yang sudah dibuat.


Pengamat dilarang berada dekat kereta itu, pengamat harus berjalan pada jalur putih yang ditentukan. Karena sistem ini sangat sensitif terhadap bayangan kita. Gerobak akan berhenti pada tempatnya karena sensor otomatis.


Pada unit selanjutnya, boks berisi komponen itu diambil pekerja lainnya. Komponen lantas dipasangkan pada bagian-bagian sesuai ketentuan. Setelah memasang pekerja harus memastikan komponen terpasang kencang.


Pekerja hanya diberi waktu tiga menit untuk setiap unit. Maksimal unit ini dikerjakan oleh dua orang, itu untuk bagian yang sulit dan membutuhkan dua sisi sekaligus. Setidaknya ada 30 unit terdapat dalam seksi khusus perakitan dan pemasangan body.


Kalau ada gangguan atau pekerja sakit, ada sebuah tali untuk memberitahukan supervisor. Dengan sigap supervisor menggantikan posisi dan tugas karyawan tersebut dengan karyawan lainnya.


Tepat pukul 10.00 alarm pun berbunyi, tanda waktu coffe break dimulai. Karyawan memiliki waktu sekitar 15 menit untuk beristirahat. Lampu pada unit dipadamkan.


Setidaknya sudah 32 unit motor selesai dikerjakan dalam 2 jam. Target mereka hari ini adalah 242 motor diselesaikan. Pakerja diberi waktu untuk makan siang selama 45 menit. Baru selesai bekerja pukul 5 sore.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com