Motor Cafe Racer Horex Ini Dibuat Hanya 33 Unit

Cologne, Jerman - Anda pernah mendengar nama Horex? Ya. Dia adalah pabrikan sepeda motor asal Jerman, tepatnya berlokasi di Bad Homburg. Pabrikan ini didirikan pada 1920 oleh perusahaan pembuat kaca, Rex.

Karena berlokasi di Homburg, maka nama perusahaan motor itu menjadi Horex. Pabrikan ini sempat beberapa buka tutup operasi, dan pengoperasian kembali yang paling akhir terjadi pada 2010 lalu.


Kini di pameran tomor internasional Intermot, pabrikan ini turut berpatisipasi dengan meluncurkan model anyar bergenre cafe; racer. Siaran pers pabrikan yang dilansir Laman Visordown, Jumat (03/10/2014) menyebut, motor bergaya retro itu dinamai VR6 Cafe Racer 33 Limited.


"Motor ini menggunakan basis platform dari motor VR6 V6 roadsters yang pernah dibuat Horex," demikian bunyi siaran pers pabrikan itu.


Motor ini mengusung mesin 1.218 cc V6 dengan tiga katup per silinder dengan konfigurasi radial. Tenaga yang dihasilkan mesin mencapai 126 hp. Menariknya, Horex hanya memproduksi 33 unit saja dan dibanderol 33.333 Euro atau sekitar Rp 520 juta.


Meski menggunakan basis VR6 V6 roadsters, namun Horex merancang ulang beberapa bagian disesuaikan dengan kondisi saat ini.


Peranti suspensi misalnya, menggunakan peranti besutan suspensi Ohlins, yakni Ohlins FGRT tipe upside down untuk roda depan dan TTX 36 adjustable untuk roda belakang. Pelek jari-jari Kineo yang dipadu dengan peranti rem besutan Brembo melengkapi kenyamanan berkendara.