Audi TT Sportback Tampil Lebih Sporty dan Elegan

Paris - Audi TT Sportback resmi diperkenalkan di Paris Motor Show 2014. Ini merupakan mobil sport 4 kursi dan 5 pintu yang digarap oleh Audi. Eksteriornya masih menerapkan desain dari Audio TT keluaran sebelumnya dengan pengembangan pahatan bodi.

"Dengan TT ini, Audi telah membuat salah satu desain ikon otomotif dalam 20 tahun terakhir," kata Audi Board Member for Technical Development Ulrich Hackenberg dalam keterangan resminya.


"Sebelumnya, kami telah mendesain Audi A5 Sportback dan Audi A7 Sportback yang sporty dan elegan dengan lima pintu. Kami mengembangkan kedua konsep mobil itu untuk anggota keluarga baru, TT Sportback," lanjut Hackenberg.


Konsep Audi TT Sportback ini memiliki dimensi panjang 4,47 meter, lebar 1,89 meter dan tinggi 1,38 meter dengan wheelbase 2,63 meter. Dibandingkan dengan TT produksi terbaru, Sportback ini lebih panjang 29 cm, lebih lebar 6 cm dan memiliki wheelbase yang lebih besar 12 cm. Sementara tingginya, 3 cm lebih pendek dari TT terbaru.


Desainnya dibuat dengan mengembangkan bentuk Audi TT yang lebih sporty dan lebih elegan.


Pada konsep Audi TT Sportback ini, spot high-beam menggunakan teknologi laser di tiap headlight. Ditambah LED high beam pada spot laser untuk diaktifkan pada kecepatan di atas 60 km/jam. Hal ini akan meningkatkan visibilitas dan keamanan pengemudinya.


Sebuah kamera pun tertanam untuk mendeteksi lingkungan sekitar mobil yang tidak terlihat.


Ketika memasuki mobil Audi TT Sportback, kita akan dimanjakan oleh interior yang 'wah' dengan setelan sporty. Interiornya, dilengkapi dengan aplikasi slimline di dashboard dan pintu-pintunya.


Sebuah kontur elegan yang ada di interiornya, menambah kesan mewah. Belum lagi kursinya. Sebuah kursi super sport dengan sandaran kepala yang memiliki kontur tajam dan bisa disesuaikan pun turut hadir di dalam mobil ini.


Pengontrol kehangatan kursi, sirkulasi udara, temperatur, distribusi dan pengaturan aliran angin terletak pada axe.


Agar tetap elegan, konsep interior Audi TT Sportback dibuat dengan bahan kualitas tinggi. Panel instrumen dan area atas pintunya hadir dalam warna dark granite gray. Kursinya dilapisi fitur berpola berlian.


Audi TT Sportback dilengkapi dengan mesin TFSI 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 400 PS (294 kW). Mesin 4 silinder ini memiliki torsi sebesar 450 Nm (332 lb ft dengan rpm antara 2.400 hingga 6.000. Semua itu tersambung ke transmisi S tronic 7 percepatan.


Mesin berperforma tinggi ini mengkonsumsi bahan bakar dengan rata-rata 7 liter per 100 kilometer (33,6 mpg). Keluaran emisinya sebesar 162 gram per kilometer (260,7 g/mi).


Mesin itu mampu mengangkat kecepatan dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik dan mampu memberikan kecepatan maksimum pada rpm 7,200. Tenaga ini dikirim lewat quattro permanent all‑wheel drive.


Suspensi dari mobil ini juga mencerminkan teknologi canggih yang diterapkan oleh konsep Audi TT Sportback. Suspensi depan diadopsi dari sistem McPherson, komponen alumunium yang mengurangi massa chassis.


Suspensi belakang four-link dapat memproses longitudinal dan transversal secara terpisah.


Roda terbesar memiliki diameter 21 inchi dan format ban 255/30. Empat cakram pada format 18 inchi ditambah dengan sebuah desain weight-saving wave. Electronic Stabilization Control (ESC) juga ditambakan untuk handling.


Dari segi bodi, di tiap bagian depannya terbuat dari baja. Lantai kabin penumpang terdiri dari komponen baja high-strength, hot-shaped. Struktur kompartemen, kulit luar dan pintu-pintunya terbuat dari alumunium klasik semi-finished milik Audi, extruded profile dan lembaran logam.


Dengan konsep gabungan ini, bodi Sportback mewakili evolusi terbaru dari Audi Space Frame (ASF). Konstruksi hybrid ini menjamin gravitasi yang rendah, cocok untuk berkendara sporty.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com