BMW S 1000 RR Anyar Lebih Lincah dan Garang

Cologne - Pameran motor internasional Intermot 2014, menjadi ajang unjuk keunggulan pabrikan otomotif Bayerische Motoren Werke AG (BMW). Pabrikan ini meluncurkan BMW S100 RR edisi terbaru.

Peluncuran motor itu merupakan debut pertamanya di dunia. "Kesempatan di pameran ini merupakan world premiere bagi BMW S1000 RR. Kami memposisikan model ini sebagai produk global," ujar BMW dalam siaran persnya.


BMW mengatakan, edisi terbaru itu tampil dengan sejumlah ubahan, mulai dari knalpot, bodi bagian belakang, fairing, serta sistem pengendalian pada peranti suspensi secara elektronik.


Pada bagian knalpot, edisi anyar itu menggunakan dual exhaust port. Sedangkan pada sistem suspensi menggunakan garpu semi aktif.


Menariknya, pengaktifan peranti suspensi untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengendara menggunakan koneksi elektronik.


Walhasil, pengendara semakin nyaman dan aman dalam melakukan manuver. Selain itu, superbike ini juga semakin gesit saat melibas lintasan pedesaan maupun jalanan kota.


Terlebih, struktur rangka motor juga dibuat lebih simple dan menggunakan bahan yang lebih ringan. Dengan perubahan rangka itu, bobot edisi baru itu lebih ringan 4 kilogram (kg) dibanding generasi lawas, sehingga total beratnya hanya 204 kg.


Model 2015 masih mengusung mesin 999 cc, 4 silinder in-line DOHC yang bertenaga 199 hp dan torsi 113 Nm pada 12.000 rpm.


Tenaga itu lebih besar 6 hp ketimbang pendahulunya, tenaga sebesar itu disalurkan ke roda dengan transmisi 6 tingkat kecepatan.


Dengan tenaga sebesar itu, motor ini mampu melesat hingga 200 kilometer per jam (kpj). Sedangkan akselerasi dari 0 – 100 km per jam dicapai hanya dalam tempo 3,1 detik.