Kawasaki Ninja H2R, Monster Bertenaga 300 Daya Kuda

Cologne, Jerman - Kawasaki Heavy Industries akhirnya memperkenalkan model supersport yang sudah lama ditunggu para pecinta motor sport, Kawasaki Ninja H2R di pameran motor internasional Intermot yang berlangsung di Cologne, Jerman.

Versi balap Kawasaki Ninja H2 itu menggunakan mesin empat silinder yang dilengkapi peranti supercharger.


Siaran pers Kawasaki Motors Corp yang dirilis Rabu (01/10/2014) menyebut motor ini dibekali mesin empat silinder segaris yang dipadu dengan peranti supercharger centrifugal.


"Kawasaki Ninja H2R diproduksi hanya untuk di trek balap saja," demikian bunyi siaran pers Kawasaki.


Tenaga yang dihasilkan mesin itu sangat dahsyat. Bahkan tak salah bila diklaim sebagai motor dengan tenaga terdahsyat dari semua motor yang pernah diproduksi pabrikan ini. Mesin 998 cc empat silinder segaris mampu menyemburkan tenaga hingga 300 hp.


Kedahsyatan keluarga Ninja anyar itu semakin lengkap karena ditopang penampilan yang apik, salah satunya dari bodi yang dibuat dari bahan serat karbon.


Pilihan bahan tersebut dimaksudkan untuk mempercepat proses pendinginan mesin secara maksimal atau meredusir panas yang berlebihan di motor.


Unsur lain yang juga menunjang kesempurnaan tampilan motor ini adalah bagian roda. Pada roda bagian depan menggunakan ban Bridgestone V01 Slick berukuran 120/60R17 dan dan roda bagian belakang berukuran 190/60R17.


Hanya, hingga kini belum ada keterangan soal jadwal produksi maupun banderol dari supersport tersebut. Kawasaki akan meluncurkannya di ajang EICMA 2014 yang akan digelar di Milan, Italia, November mendatang.


Nama H2 sendiri bukan nama yang baru di line up Kawasaki. Motor ini pernah diproduksi Kawasaki tahun 1972 lalu dengan nama lengkap Kawasaki Maxh IV H2. Saat itu motor menggunakan mesin 750 cc.


Ada juga mesin 500 cc 2 silinder H1 dan bersama dengan motor bermesin 903 c Z1 Super Four, Kawasaki menetapkan benchmark untuk pasar motor sport sampai saat ini.