Motor Reli Aprilia Edisi Anyar nan Canggih

Cologne - Sebagai andalan di ajang pameran motor internasional Intermot 2014 yang berlangsung di Cologne, Jerman, Aprilia memboyong varian Caponord 1200 Rally. Pabrikan asal Italia itu menyebut motornya itu sebagai motor reli yang aman, tangguh, sekaligus modern.

Aprilia mengungkapkan motor reli edisi baru itu telah dilengkapi berbagai fitur canggih.


Teknologi semi-active suspension, ABS, traction control, ride by wire, Aprilia Dynamic Damping (ADD) dan beberapa fitur lainnya menjadi perlengkapan standar.


Perangkat ADD berfungsi untuk mengatur respons suspensi sesuai dengan lintasan yang dilewati. Dengan peranti itu pula, yang harus dilakukan pengendara adalah ya mengendarai motor saja.


Soalnya dengan sistem ADD, sistem akan mengukur gaya yang diterima motor dari kondisi jalanan yang berbeda, mengenali kondisi dinamikan kendaraan mulai dari akselerasi, membuka selongsong gas, atau pengereman, dan kemudian menyesuaikan sendiri suspensi secara real time untuk memaksimalkan kenyamanan dan mempertahankan kestabilan kendaraan.


Caponord 1200 Rally mengusung mesin 1.197 cc DOHC, 4 valve per silinder yang bertenaga 125 hp pada 8.250 rpm dan torsi maksimum 114 Nm pada 6.800 rpm. Mesin yang menggunakan pendingin cairan itu mempunyai tingkat kompresi 12 :1. Teknologi injeksi bahan bakarnya menggunakan peranti EFI 52 mm throttle bodies.


Motor ini mulai tersedia di Eropa pada Januari 2015.