Paling Mahal Rp 270 Juta, Mazda2 Benar-benar Banjir Fitur

Jakarta - Mazda sudah mulai membuka pemesanan All New Mazda2, pengiriman pertama mobil ini diperkirakan mulai bulan Desember mendatang. Harganya di kisaran Rp 225 juta sampai Rp 270 juta.

Program Manager dari Product Division Minoru Takata mengatakan mobil ini memiliki harga yang berbeda dari tiga varian yang ada. PT Mazda Motor Indonesia menargetkan penjualan 400 unit perbulannya.


"Kalau dilihat dari fitur, kalau dulu ada kesan mobil kecil terbatas fiturnya, mobil besar makin besar fiturnya. Mazda mendobrak itu, meski compact car, Mazda tidak kalah dengan produk yang segmennya lebih tinggi. Guratan desaiin yang dilakukan tim desain, mendekati kendaraan-kendaraan premium, ini lompatan untuk mendobrak stigma," ujar Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Wijana di JI Expo, Kemayoran.


Apakah Mazda2 ini memiliki fitur yang sama dengan Mazda2 Jepang? Langsung saja kita simak fitur keunggulannya baik dari eksterior maupun interior:


Eksterior:

- Power fold exterior mirrors

- Aluminium alloy wheel berdiameter 16 inci yang lebih berkilau*

- Light Emitting Diode(LED) headlamps yang menjadikan konsumsi daya listrik lebih rendah, daya hidup yang sangat panjang, dan visibilitas yang lebih baik dibandingkan halogen atau xenon headlamps.


Interior ada fitur seperti:

-Multi-information display

- Tombol menyalakan dan mematikan mesin

- Roda kemudi dengan pengaturan tilt dan telescopic serta kontrol audio dan Bluetooth®.

- Penggunaan material kulit berkualitas tinggi pada roda kemudi, kepala tongkat persneling, dam tuas rem tangan.

- Active driving display yang menunjukkan segudang informasi seperti kecepatan laju kendaraan dan arah navigasi.

- Paddle shifts yang berada pada roda kemudi untuk memberikan kenikmatan berkendara.

-Auto A/C yang secara otomatis menyesuaikan dengan temperatur pada kabin berdasarkan preferensi pengguna


Fitur lainnya:


- Sensor cahaya dan hujan

- Sensor parkir yang terletak pada sisi tengah dan sudut kendaraan bagian belakang

- Smart keyless entry yang dirancang untuk membuka kendaraan dengan satu tombol

- Pengadopsian SKYACTIV Technology secara utuh dan fitur i-Stop memberikan kenikmatan berkendara tanpa batas dengan efisiensi bahan bakar


Mesin dan transmisi


- SKYACTIV-G 1.5L merupakan mesin injeksi langsung dengan rasio kompresi sangat tinggi yaitu 13:0:1, didukung dengan terobosan teknis yang terdiri dari dual sequential valve timing, multi-hole injectors, cavity pistons, dan sistem pembuangan 4-2-1.


- SKYACTIV-DRIVE, transmisi otomatis enam percepatan yang kompak dengan durasi lock-up yang panjang, sehingga memungkinkan perpindahan gigi yang cepat dan halus dengan sensasi terkoneksi langsung dibandingkan teknologi transmisi lainnya. Transmisi ini juga menciptakan efisiensi bahan bakar yang tinggi sehingga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar keseluruhan pada All New Mazda2.


- Transmisi manual SKYACTIV-MTtersedia bagi pengemudi yang menginginkan kontrol penuh dalam perpindahan gigi. Transmisi manual enam percepatan yang kompak ini menawarkan shift stroke yang sama pendek dan perpindahan yang positif serta ringan seperti pada Mazda MX-5.


- SKYACTIV-sasis mengaplikasikan Independent MacPherson Struts pada suspensi depan dan Torsion Beam pada suspensi belakang. Sistem ini memantapkan koneksi linear antara pengemudi dan kendaraan, terutama dalam hal akselerasi, kestabilan kendaraan ketika berputar dan berhenti, didukung dengan cengkraman suspensi belakang yang kuat dan juga jarak pengereman yang lebih pendek.


- SKYACTIV-BODY yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan model sebelumnya yang didukung oleh pemakaian besibaja high-tensile dan ultra-high-tensile, juga inovasi lainnya yang menyokong struktur bodi kendaraan. SKYACTIV-BODY melindungi penumpang dari kecelakaan dengan menyerap dan menyebarkan energi tumbukan secara efektif ke berbagai arah dalam struktur kendaraan sesuai dengan konsep multi-load path.


- I-STOP (idle-stop system)menghemat bahan bakar dengan secara otomatis menghentikan kinerja mesin di saat kendaraan sedang berhenti. Mesin akan kembali hidup secara otomatis saat pedal rem dilepas atau gas mulai dipijak. Sistem restart ini bekerja dengan sangat halus dan hanya membutuhkan waktu singkat sekitar 0,35 detik. Sistem keamanan berteknologi tinggi yang menciptakan ketenangan diri pengemudi dan penumpang


Fitur keamanan meliputi:


-Advanced Blind Spot Monitoring System (A-BSM)yang mendeteksi dan mengingatkan pengemudi akan adanya kendaraan lain yang berjarak 50 meter. Sistem ini juga mampu mendeteksi kendaraan yang berada di area blind spot bagian belakang.


- Rear Cross Traffic Alert (RCTA)yang mendeteksi dan mengingatkan pengemudi akan adanya kendaraan yang bergerak dari samping saat pengemudi sedang mengeluarkan kendaraannya dari area parkir.


-Smart City Brake Support (SCBS)mengaplikasikan rem yang bekerja secara otomatis untuk menghindari atau mengurangi benturan dengan kendaraan roda empat di depannya dalam kecepatan 4-30 km/jam (misalnya di daerah perkotaan)


- Antilock Brake System (ABS) merupakan sistem keamanan pada kendaraan yang menjaga agar roda tetap memiliki traksi pada permukaan jalan sesuai dengan input pengemudi ketika terjadi pengereman, mencegah terjadinya gerakan mengunci, dan menghindari slip.


-Electronic Brakeforce Distribution (EBD) adalah teknologi pengereman yang diaplikasikan bersama ABS untuk secara otomatis memberikan tekanan pengereman yang berbeda-beda pada masing-masing roda berdasakan beragam kondisi seperti kecepatan dan traksi pada jalanan.


- Brake Assist (BA) merupakan teknologi yang meningkatkan tekanan pengereman pada situasi darurat.


- Dynamic Stability Control (DSC) secara otomatis mengontrol pengereman dan torsi mesin bersama dengan sistem ABS dan TCS untuk membantu mengontrol terjadinya pergeseran kendaraan ke samping ketika berkendara pada permukaan yang licin atau pada saat bermanuver tiba-tiba, sehingga meningkatkan keamanan kendaraan.


-Traction Control System (TCS) meningkatkan traksi dan keamanan dengan menurunkan torsi mesin dan mengoperasikan rem ketika mendeteksi terjadinya slip pada roda.


- Emergency Stop Signal (ESS) dengan cepat menyalakan lampu hazzard secara berkali-kali ketika melakukan pengereman mendadak untuk memberikan informasi kepada pengendara yang datang dari belakang.


- Hill Launch Assist (HLA) yang berfungsi membantu pengemudi dalam berakselerasi dari keadaan berhenti ketika berada pada keadaan landai.


- Dua buah SRS airbag pada bagian depan untuk memberikan perlindungan responsif saat terjadi benturan.


- 3-point seat belts untuk segala posisi duduk


- ISOFIX child seat anchors pada kursi bagian belakang


- High mount stop lamp yang berfungsi untuk memberikan peringatan bagi pengemudi lain yang pandangan akan lampu rem bagian kanan dan kirinya tertutup oleh kendaraan lain


- Ring structure unibody construction (SKYACTIV-BODY)

- Power door locks with auto door lock system merupakan sistem yang berfungsi untuk mengunci pintu kendaraan secara otomatis.


- Immobilizer and burglar alarm yang memberikan keamanan ekstra dari tindak pencurian kendaraan.


Lengkap sekali ya? dengan fitur ini hampir setara dengan Mazda2 yang dijual di Jepang.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com