Audi Pabrikan Pertama yang Kantongi Izin Mobil Autopilot

California - Saat ini pabrikan mobil di dunia tengah berlomba-lomba untuk mewujudkan mobil autopilot atau mobil tanpa pengemudi. Di antara pabrikan yang ikut mengembangkan mobil autopilot, Audi yang paling beruntung.

Dalam keterangan resminya, Rabu (17/9/2014) Audi akan menjadi produsen mobil pertama yang menerima izin mobil autopilot yang baru dikeluarkan di California, Amerika Serikat (AS).


Audi telah melakukan penelitian selama puluhan ribu kilometer di Eropa dan berbagai negara bagian di AS dan pengujian tersebut direstui. Penelitian itu bertujuan untuk mempersiapkan sistem mengemudi autopilot pada kondisi lalu lintas yang bebas hambatan.


Visi Audi adalah bisa memperkenalkan teknologi ini ke konsumen dalam waktu 5 tahun mendatang.


Jalanan California yang paling penting bagi Audi karena wilayah ini merupakan rumah bagi Electronics Reasearch Lab (ERL). Antara Audi dengan ERL cukup berkesinambungan karena keduanya sama-sama terlibat dalam pengembangan mobil autopilot.


"Mendapatkan izin pertama yang dikeluarkan oleh negara bagian California menunjukan bahwa kami berniat untuk tetap menjadi pemimpin dalam hal teknologi," kata Presiden Audi Amerika Scoot Keogh.


Pada 2012 lalu, Audi merupakan salah satu pabrikan pertama yang memperoleh pelat merah dari pemerintah negara bagian Nevada.


Di bulan Juli, bersama Gubernur Rick Scott, Audi memperlihatkan kemampuan teknologi autopilot mereka di jalanan Tampa.