Mobil Sport Bertenaga Listrik Dahlan Iskan Ikut Mejeng di IIMS

Jakarta - Sebuah mobil sport kuning menjadi pusat perhatian pengunjung di pameran mobil IIMS. Mobil ini jadi menarik karena merupakan mobil sport listrik buatan anak bangsa.

"Butuh sekitar 7 bulan untuk pembuatannya dan mobil ini adalah milik Pak Dahlan Iskan," kata Kunto Wibisono dari bengkel mobil Kupu-kupu Malam kepada detikOto di IIMS Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2009).


Kunto mengatakan Dahlan memang memesan dua mobil ke bengkelnya. Dan mobil sport kuning ini adalah salah satunya. "Kita hadir disini sebagai edukasi soal mobil listrik di Indonesia," katanya.


Kunto mengatakan mobil ini telah dites dan bisa melaju dengan kecepatan 160 Km per jam. Mobil dengan pelat nomor bertuliskan 'Selo Electric Car' ini mampu menempuh jarak 250 kilometer setelah dicas penuh selama 4 jam.


"Kalau dihitung sangat murah biaya operasionalnya. Kalau disetarakan biayanya di bawah Rp 2.000 per liter kalau pakai listrik," katanya.


Kunto mengaku benkelnya sudah mendapatkan banyak pesanan pembuatan mobil listrik. Namun pemenuhan pesanan itu masih terkendala legalitas kendaraan itu.


"Kita berharap legalitas mobil ini bisa segera digunakan secara luas," katanya.


Saat ditanya berapa harga mobil ini, Kunto mengatakan belum bisa menyebutkan secara pasti biayanya.


"Ini kan baru dibuat satu buah bukan secara massal sehingga ongkos prosuksinya pasti lebih mahal," katanya.


Untuk melihat mobil ini, memang agak sulit, karena tidak ditempatkan di Hall utama JI Expo. Mobil ini diletakkan di booth semi permanen di bagian luar. Meski begitu, banyak pengunjung IIMS yang melihat-lihat mobil ini.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com