Suka Duka SPG, dari Panas Hingga Kulit Jadi Hitam

Jakarta - Sales Promotion Girl (SPG) menjadi daya tarik tersendiri disetiap pameran, khususnya pameran mobil seperti Indonesia International Motor Show (IIMS). Mereka tidak hanya pamer kecantikan dan keseksian, tapi juga diwajibkan untuk menghapal spesifikasi produknya.

Beruntung bagi mereka yang kebagian jaga di tempat yang ber-AC. Mereka tidak merasa kepanasan atau kegerahan. Tapi, lain ceritanya dengan SPG yang berjaga di outdor, mereka harus kepanasan melawan terik sinar matahari.


Salah satunya Jesica (24) yang harus berpanas-panasan berdiri di depan truk yang hanya ditemani oleh payung. Jadi jika ia kepanasan hanya payung yang bisa melindunginya dari terik sinar matahari.


"Suka dukanya banyak, terutama panas, bikin kulit dari putih jadi hitam, lalu pegal karena harus berdiri terus," kata Jesica kepada detikOto, di IIMS pekan lalu.


Senada dengan Jesica, Natalis (18) juga mengaku demikian, parahnya lagi ia baru pertama kali ikut jaga menjadi SPG seperti ini.


"Aku baru pertama kali, eh langsung ditempatin di outdor kaya gini, panas banget, tapi mau gimana lagi kerjaan namanya juga," ujarnya sambil tersenyum.


Sementara itu, Citra (20) juga mengaku demikian, tapi meski merasa panas dan pegal itu semua sudah menjadi risiko yang harus ditanggung.


"Namanya juga kerja jadi apapun risikonya harus kita tanggung, jangan mau enaknya saja dapat uang tapi kita juga harus berusaha," timpal dara yang hobinya ikut casting iklan dan film.


Untuk bayarannya itu sendiri, mereka mengaku ada yang dibayar per shift (6 jam) Rp 700 ribu, hingga ada yang Rp 1 juta per long shift (12 jam).


"Kalau masalah bayarannya memang lumayan, aku aja dapat 6 kali jaga. Uangnya bisa dipakai untuk keperluan lain," timpal Jesica.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com