19.367 Mobil Terjual di IIMS, Nilai Transaksi Hampir Rp 5 Triliun

Jakarta - Pameran otomotif terbesar di tanah, Indonesia International Motor Show (IIMS) resmi ditutup. Total ada 19.367 unit mobil yang terjual dengan jumlah transaksi sebesar Rp 4.937.649.709.992,-. Jumlah itu didapat hanya dalam 10 hari penyelenggaraan.

Pameran yang saat ini menduduki posisi pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara ini mencatatkan total peserta 38 brand APM yang terdiri atas 29 merek kendaraan penumpang dan 9 merek kendaraan niaga.


Tidak hanya dukungan dari APM yang terus meningkat, industri pendukung juga memberikan dukungan yang sama, pada IIMS kali ini 276 perusahaan dari industri pendukung ikut serta meningkat mencatatkan kenaikan yang sangat signifikan dari penyelenggaraan IIMS 2009 yang diikuti oleh 129 perusahaan dari industri pendukung.


Menempati total lahan seluas 75.000 meter persegi yang baru ditutup tadi malam, Ketua Penyelenggara Johnny Darmawan menyampaikan permohonan maafnya atas keterbatasan tempat yang dihadapi panitia pada IIMS kali ini.


Namun Johnny juga menyampaikan kebanggaannya atas IIMS yang menurutnya terus meningkat kualitasnya di setiap penyelenggaraannya, pada IIMS 2013 semua peserta menampilkan teknologi-teknologi baru, model-model baru, mulai mobil konsep hingga memperkenalkan mobil world premiere, hal ini mengundang para tokoh atau petinggi luar negeri, seperti dari Eropa, Amerika, Jepang, Thailand dan yang menghadiri IIMS tahun ini.


Walaupun menghadapi beberapa kendala, IIMS 2013 masih mampu menarik perhatian pengunjung hingga hari penutupan kemarin tercatat sebanyak 373.661 orang telah mengunjungi pameran.


Sementara, walaupun transaksi bukan menjadi target utama dari IIMS, sepanjang penyelenggaraan IIMS pada tahun ini berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 19.367 unit dengan jumlah transaksi sebesar Rp 4.937.649.709.992,-.


Transaksi yang cukup signifikan pada pameran IIMS 2013 menunjukkan pada dunia bisnis bahwa daya beli masyarakat masih berada pada level positif dan sekaligus mengindikasikan bahwa industri otomotif tanah air tetap berkembang dan menjanjikan.


“Berbagai pencapaian ini mengindikasikan bahwa IIMS telah berhasil mengukuhkan diri sebagai ajang yang paling diperhitungkan oleh kalangan otomotif tanah air. Peningkatan jumlah pengunjung dari tahun ke tahun juga memperlihatkan semakin tingginya minat masyarakat akan produk otomotif berkualitas untuk menunjang kegiatan mereka sehari-hari," kata Johnny dalam keterangan resminya.


"Jumlah transaksi yang berhasil dibukukan juga mengalami peningkatan, meskipun seperti telah saya ungkapkan berulang kali, bahwa transaksi bukanlah target utama penyelenggaraan pameran otomotif ini,” terang Johnny.



Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com