Honda: Harga Mobil Murah Tergantung Kualitas

Jakarta - Pemerintah berharap mobil murah dan ramah lingkungan yang diproduksi produsen paling tidak memiliki fitur keamanan dan berteknologi tinggi. Jadi tidak hanya sekedar murah saja.

Menangapi ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan permintaan pemerintah saat itu agak sulit terealisasi. Mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) tidak akan lagi berharga murah jika kaya akan sistem keamanan dan tersemat teknologi canggih di mesin.


"Harga tergantung kualitas," tegas Direktur Marketing dan After Sales PT HPM, Jonfis Fandy kepada detikOto, Selasa (11/6/2013).


Sayang Jonfis tidak merinci mobil murah dan ramah lingkungan Honda seperti apa. Namun jika menuruti standar keselamatan prinsipal, mobil murah Honda dipastikan memiliki fitur keselamatan mumpuni. Artinya Honda sangat mementingkan keselamatan konsumen.


Seperti yang dijelaskan Jonfis, jika mobil murah yang direncakan Honda tidak memenuhi syarat keselamatan sesuai standar Honda, maka besar kemungkinan konsumen yang bakal rugi.


"Mobil harus ada teknologi dan safety. Apalagi sudah ada ASEAN NCAP untuk tes safety. Kalau bintang jelek yang rugi konsumen juga," tukasnya.


Dan sebaliknya, jika mobil tersemat fitur keselamatan mumpuni dan teknologi canggih pada sektor mesin, maka bukan tidak mungkin akan mendongkrak harga jual mobil murah Honda.


Saat ini mobil-mobil murah dari berbagai merek sudah mulai muncul. Sedangkan Honda belum berani kapan bakal memperlihatkan mobil murahnya. Kabarnya mobil murah Honda bakal muncul September 2013 atau di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS).