Ditanya Pilih Mobil Murah atau LCE, KIA Lebih Condong ke LCE

Jakarta - Pemerintah telah meneken aturan Peraturan Pemerintah (PP) No 41 Tahun 2013 tentang ketentuan mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC) termasuk Low Carbon Emission seperti mobil listrik, hybrid, biodiesel, dan biofuel. Dibanding LCGC yang memiliki persyaratan ketat, rupanya KIA lebih condong memilih LCE.

"Program Low Emission Carbon (LEC), ada kemungkinan dan kita sedang pelajarinya. Karena peraturannya kan tidak seketat LCGC," kata Marketing Support Manager PT KMI, Harry Yanto saat test Drive All New Carens, di Jungleland Sentul, Rabu (12/6/2013).


Namun tidak dipungkiri hingga saat ini KIA masih terus menunggu kepastian akan peraturan yang lebih jelas dari Program LCGC dan LCE.


"Dan kita juga lagi menunggu peraturan yang lebih jelas lagi. Seperti kepastian pengujian LCE itu seperti apa? Bahan bakar apa yang digunakan? Karena kita juga memiliki varian hybrid dan listrik, oleh sebab itu masih kita terus pelajari," kata Harry.


Namun kalau bicara soal LCGC, Harry menilai KIA masih sulit untuk ikut berpartisipasi.


"Sedangkan untuk LCGC kita melihat itu butuh investasi yang besar. Terlebih muatan lokal komponen (lokal Konten) untuk awalnya saja harus sudah 40 persen, di tahun berikutnya 60 persen, dan nanti di tahun berikutnya lagi harus mencapai 80 persen," ujarnya.


"Sehingga menurut saya produsen yang mengikuti program LCGC pasti produsen yang telah memiliki full manufacturing. Mereka harus punya pabrik casting sendiri dan lain-lainnya," tambahnya.


Namun saat disinggung saudara kandung KIA yaitu Hyundai, telah sepakat untuk mengikuti program LCGC. Harry belum bisa berkomentar banyak.


"Itu opportunity rencana di balik Hyundai, jadi saya tidak tahu strateginya. Karena head office di Korea sendiri masih di bawah Hyundai. Dan kalau Hyundai ikut LCGC dan kita ikut memproduksi di dalam pabrik Hyundai saya tidak tahu, memang bisa saja seperti pabrik kami di Korea. Tapi saya tidak tahu," tambah harry.


Hal senada juga diungkapkan Direktur Marketing PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono.


"Kemarin kita baru terima regulasinya, dan telah kita telah sampaikan kepada prinsipal. Dan mereka sedang mempelajarinya terlebih dahulu, dan kita juga masih menunggu kejelasan akan program LCGC dan LCE ini," tutup Hartanto.