Peta Otomotif Berubah, MPV Bergeser ke Mobil Murah?

Jakarta - Volume kendaraan keluarga 7 penumpang yang terus berkembang di Indonesia akan terusik dengan kehadiran mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) mengingat besarnya potensi mobil murah di Indonesia.

Menyikapi hadirnya mobil murah dan ramah lingkungan, produsen mobil Daihatsu tidak melihat efek dari LCGC. Namun sebaliknya pasar MPV dan LCGC berkembang beriringan di Indonesia.


"Pada saat kami melakukan research, masyarakat lebih memilih MPV, tapi seiring berkembangnya edukasi maka city car juga berkembang," kata Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra di sela-sela peluncuran Ayla di Kempinski Hotel, Jakarta, Senin (9/9/2013).


Amelia menjelaskan, baik itu MPV dan LCGC akan terus mencatat penjualan tertinggi di Indonesia. Namun kecil kemungkinan mobil murah menyusul penjualan MPV, pasar mobil murah masih berada di bawah MPV.


"Dalam study kami, MPV dan city car akan menjadi primadona di Indonesia meskipun city car berada dibawah MPV tapi pertumbuhannya cukup signifikan. Jadi kedepannya MPV tetap dominan dan city car (termasuk LCGC) akan menjadi pertumbuhan yang signifikan," ucap Amelia.