LCGC Meluncur, Bagaimana Tanggapan Produsen Mobil Nasional?

Jakarta - Produsen mobil global Daihatsu, Honda dan Toyota sedang bergembira karena konsep mobil ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) sudah resmi meluncur di pasar mobil Indonesia. Bagaimana tanggapan produsen mobil nasional?

"Kita dari dulu sudah tidak didukung pemerintah. Semakin diminta memberikan tanggapan kita semakin tertekan," keluh Presiden Direktur PT Fin Komodo Ibnu Susilo kepada detikOto, Kamis (12/9/2013).


Ibnu menjelaskan sampai saat ini PT Fin Komodo selaku produsen mobil nasional belum ada gambaran apakah akan membuat tandingan mobil murah dan ramah lingkungan yang dimiliki produsen mobil global.


"Sampai sekarang belum gambaran apakah akan membuat tandingan," ucap Ibnu.


Seperti yang dijelaskan Ibnu, harapan perusahaan mobil nasional PT Fin Komodo minta dukungan dari pemerintah sudah sirna. Ibnu memastikan harapan untuk bermain di segmen LCGC kandas.


"Pasti. Susah jelasinnya karena keadaan. Memang tidak didukung, dan jelas-jelas tidak didukung," pungkasnya.


Sampai saat ini Daihatsu, Honda dan Toyota terbukti ikut meramaikan konsep mobil ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC). Dalam waktu dekat akan semakin jelas produsen mobil global yang 'terjun' dan bersaing di segmen tersebut sebut saja Nissan yang akan mengandalkan Datsun.