Berapa Biaya Perawatan Mobil Murah Toyota?

Bandung - Mobil murah Toyota, Agya dijual dengan harga mulai Rp 99,9 juta sampai Rp 120.750.000. Lalu untuk biaya perawatan, apakah mobil murah juga akan jauh lebih murah ketimbang mobil-mobil di segmen lainnya?

General Manager Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi mengatakan biaya perawatan untuk Toyota Agya ini tergolong cukup murah dibanding mobil lainnya.


"Perawatannya sampai 100.000 bisa dibilang untuk Toyota lebih murah. Sebagai gambaran buat yang 10.000 itu sekitar Rp 250 ribu saja," kata di sela-sela acara media test drive Agya di Bandung, Jawa Barat.


Dadi menjelaskan lebih lanjut kalau biaya perawatan yang paling mahal itu mulai dari 80.000 km karena sudah banyak item-item yang harus diganti.


"Di 80.000 km biaya perawatannya bisa Rp 1,2 juta. Itu termasuk penggantian filter dan busi diganti. Penggantian busi kita lakukan setiap 40 ribu," timpalnya.


Sementara itu, dengan biaya perawatan tersebut bisa dikatakan kalau perawatan mobil murah ini lebih irit 13 persen dibanding Toyota Etios dan Avanza yang jauh lebih murah mobil Agya.


"Karena kan Agya silindernya cuma 3, kebutuhan olinya sedikit, item maintenancenya lebih sedikit (tidak terlalu banyak)," katanya lagi.


Hal itu juga sudah dipikirkan matang-matang oleh Toyota karena selain irit bahan bakar juga biaya perawatannya harus jauh lebih irit dibanding mobil-mobil Toyota lainnya.


"Tapi ini untuk gambaran Agya dengan transmisi manual, kalau matik jelas lebih mahal tapi tidak banyak hanya sedikit saja perbedaanya," pungkasnya.