Mobil Murah Bakal Dongkrak Penjualan Mobil di Semester II-2013

Jakarta - Penjualan mobil di semester I-2013 ini cukup baik meski ada beberapa hambatan. Lalu bagaimana penjualan di semester 2 tahun ini?

Chief Executive Officer (CEO) ACC Divisi Lembaga Keuangan Astra, Jodjana Jody mengatakan kalau penjualan mobil di semester 2 diprediksi akan tetap stabil atau sama seperti di semester pertama.


"Kalau kita prediksi sepertinya masih stabil," kata pria yang akrab disapa Jody di Jakarta.


Dijelaskannya, di semester ke-II ini meski adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tapi akan dibantu oleh adanya mobil murah.


"Semester kedua ini kan ada mobil murah setidaknya akan menambah market baru. Orang jadi terdorong untuk membeli mobil," katanya lagi.


Lebih lanjut, kalau sebagai pelaku industri inginnya penjualan terus meningkat atau ada peningkatan di semester 2 tapi bagaimana hasilnya apakah ada kenaikan itu bisa dilihat di akhir tahun nanti.


"Kalau pelaku industi sih kita maunya optimistis dan penjualan naik. Tapi diprediksi akan stabil, stabil saja sudah cukup baik mengingat banyak rintangannya juga," pungkasnya.


Sebelumnya Astra memiliki line up mobil murah seperti Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Mobil ini akan menghadapi persaingan keras dengan Honda Brio Satya dan Datsun. Belum termasuk pabrikan Jepang lainnya yang sudah bersiap merilis mobil murah.


Sebelumnya, Joost Geginat, analis otomotif dari Roland Berger menuturkan Toyota, Daihatsu, Suzuki dan Honda sanggup menghasilkan 500.000 unit mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost and Green Car/LCGC) tahun ini. Mobil ini akan dibanderol di bawah Rp 100 jutaan. Otolovers ada yang sudah memesan mobil LCGC?