Komunitas Mobil: Kalau Mudik Jangan Konvoi

Jakarta - Buat Otolovers semua yang memiliki niatan untuk mudik atau pulang kampung saat lebaran dengan komunitas Anda, diusahakan jangan berjalan beriringan atau konvoi. Hal itu bisa mengganggu pengguna jalan lain.

Seperti yang diungkapkan oleh Bendahara Umum, komunitas AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club) Hanur, yang menuturkan kalau mudik dengan komunitas diusahakan jangan melakukan konvoi.


"Kita pengguna mobil kalau di jalan sama semua. Jadi untuk para komunitas mobil yang akan mudik bareng jangan konvoi kasihan pengguna jalan yang lain," ujar Hanur saat ditemui detikOto di event #ngaBLOGburitOTO di Garda Aula, Grha Asuransi Astra (Garda Oto) Jl. TB. Simatupang Kav.15, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta, Minggu (21/7/2013)..


Jika memang niat mudik dengan komunitas mobil, lanjut Hanur saling koordinasi saja antara kendaraan yang satu dengan yang lain. Berkendara dengan sewajarnya karena jika konvoi pengguna jalan lain yang juga akan mudik merasa terganggu.


"Tetap saling koordinasi saja. Misalnya tentukan meeting point dimana untuk melakukan istirahat," lugasnya.


Selain itu, utamakan keselamatan juga merupakan hal yang paling penting. Sebelum berangkat dengan komunitas atau sendiri maka periksa semua kondisi kendaraan dan pastikan semuanya dalam keadaan baik.


"Karena kita membawa keluarga jadi utamakan juga keselamatan dan juga kalau mudik itu kan jaraknya jauh, jadi utamakan juga istirahat kalau sekiranya sudah lelah," pungkasnya.