Ini Jam-jam Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

Jakarta - Dari rentang 24 jam sehari, ternyata ada jam-jam khusus dimana kecelakaan lalu lintas sering terjadi. Di jam-jam seperti ini reaksi pengendara akan sangat lambat, kewaspadaan menurun, penilaian yang tidak tepat, dan perilaku yang berisiko kian meningkat.

Hal tersebut disampaikan Training Director & Owner of RDC - The Real Driving Centre) Marcell Kurniawan dalam event #ngaBLOGburitOTO di Garda Aula, Grha Asuransi Astra (Garda Oto) Jl. TB. Simatupang Kav.15, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta, Minggu (21/7/2013).


Jam-jam rawan kecelakaan terbagi dua, yang pertama adalah diantara pukul 23.00 WIB sampai pukul 07.00 WIB dan di antara pukul 14.00 WIB sampai 16.00 WIB.


Nah di jam inilah, kewaspadaan pengendara menurun, dan gampang mengantuk.


"Teman-teman kalau mengantuk, menguap, tidak dapat mengingat jalan, sering memacu kecepatan kendaraan dan mengerem. Itu pertanda pengendara mengalami kelalahan," ujarnya.


Untuk menghindarinya dan mencegah kelelahan saat mengendara, kita harus mengetahui jam biologis kita masing-masing karena setiap orang punya jam biologis yang berbeda.


"Dengan kita mengetahui jam biologis, kapan kita paling sadar, dan kapan kita paling mengantuk. Kalau mau mudik ketahui dulu jam biologis," ujarnya.