Mendadak Injak Pedal Gas, Mobil Matik Cuma Boros Sedikit

Jakarta - Tidak sedikit pecinta otomotif yang menerka, bahwa dengan menekan pedal gas mobil matik secara mendadak itu lah yang menjadi faktor utama mengapa transmisi matik dianggap lebih boros.

Rupanya meski Otolovers menginjak pedal gas secara mendadak di saat mengendarai mobil matik, itu tidak terlalu membuat mobil matik Anda menjadi boros sekali.


"Memang katup throttle itu terbuka berdasarkan seberapa besar kita menekan pedal gas, dan ini memang akan berdampak menjadi boros. Tapi ini sangat sedikit, tidak akan boros banget. Tapi mobil otomatis akan memiliki tingkat keiritan saat kecepatan konstan," ucap Kepala Bengkel Plaza Toyota Pemuda Parman Suanda, yang berada di Jl. Pemuda Raya 1 No. 6 Pulo Gadung, Jakarta Timur.


Terlebih macetnya kota besar seperti Jakarta, terkadang membuat konsumen sedikit mengacuhkan seberapa borosnya kendaraan mereka meminum bahan bakar minyak.


"Konsumen-konsumen sekarang itu kan membutuhkan kenyamanan, terlebih pengetahuan akan transmisi otomatis itu sudah mulai terbuka. Yah dari sisi lain memang mungkin untuk yang baru mengendarai mobil matik agak sedikit kagok untuk pengoperasiannya," ujarnya.


"Sehingga dalam memahami, kok ini boros (transmisi otomatis) atau tidak itu butuh waktu. Tapi sayangnya kan sudah banyak yang bilang mobil matik itu boros, tapi kalau untuk kita yang mengetahuinya, tingkat borosnya kendaraan matik itu dipertanyakan kembali 'borosnya seperti apa? Medannya (perjalanan) seperti apa?'," tambahnya.


Dan menurut Parman saat ini karakter pengguna mobil otomotif itu sudah tidak membicarakan seberapa boros kendaraannya lagi. Karena saat ini kita bicara soal kenyamanan, terlebih untuk berkendara di Jakarta.