Begini Caranya Menginjak Rem Mobil yang Pakai ABS

Jakarta - Masih banyak pengguna mobil yang belum tahu bagaimana caranya mengoperasikan sistem pengereman pada mobil yang menggunakan Antilock Braking System (ABS). Bahkan istilah ABS pun banyak yang belum paham.

Nah, Otolovers mau tahu bagaimana cara yang benar mengoperasikan fitur ABS?


Marketing Communication and PR Head PT Asuransi Astra Buana, Laurentius Iwan Pranoto membeberkan, ada perbedaan antara mobil yang sudah pakai ABS dan yang belum pakai ABS.


"Kalau mobil yang sudah ada ABS-nya cara ngeremnya injak sampai habis remnya, dan kalau yang belum ada ABS-nya injak pedal remnya dengan cara memompanya," beber Iwan dalam acara NgaBlogburit Oto, di Jakarta, Minggu (21/7/2013).


Sistem pengereman mobil yang sudah memiliki ABS itu jika direm mendadak cara kerjanya, mobil tidak langsung mengunci atau sedikit membal bedanya dengan mobil yang belum pakai ABS jika direm mendadak akan langsung mengunci dan sangat berbahaya.


"Kalau mau nabrak ya tabrak saja, tinggal bagaimana kita meminimalisirnya saja. Pilih yang paling minimum, waktu Anda berkendara lihat kiri, kanan dan depan seperti apa kondisinya," tutupnya.