Ini yang Harus Dicek di Kendaraan Saat Mau Mudik

Jakarta - Service kendaraan sebelum mudik merupakan hal sangat penting, karena kita perlu memastikan kendaraan kita laik jalan. Kendaraan boleh dibilang merupakan perpanjangan tangan dan kaki kita saat mudik.

Hal tersebut disampaikan Training Director & Owner The Real Driving Centre Marcell Kurniawan dalam event #ngaBLOGburitOTO di Garda Aula, Grha Asuransi Astra (Garda Oto) Jl. TB. Simatupang Kav.15, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta, Minggu (21/7/2013).


Beberapa hal yang perlu diperhatikan di kendaran adalah mesin, transmisi, piranti rem, kelistrikan, kaki-kaki, wiper, roda dan ban.


"Pastikan kendaraan kita laik jalan. Mesin kita baik, air radiator, air wiper. Transmisi jangan tipis, piranti rem pastikan aman. Listrik, pastikan lampu jangan mati. Kelistrikan itu adalah komunikasi kita dengan pengendara lain. Kaki-kaki pastikan shock breaker tidak bocor, karena jalan di daerah banyak lubang," ujarnya.


Kemudian pastikan juga roda dan ban dalam keadaan baik. Jangan sampai kembangan roda sampai ke TWI (Tread Wear Indicator)


"TWI itu di sela-sela ban ada yang menonjol, kalau TWI sama rata dengan kembangan ban itu harus ganti. Kalau rata, lebih membahayakan," ujarnya.


Selanjutkan pastikan tekanan ban. Untuk melihat tekanan ban ada di pintu kanan depan.


"Tekanan ban yang baik akan mendapatkan traksi yang baik pula. Kurang angin lebih bahaya. Karena kurang angin ban kita bisa meledak. Bisa juga membuat mobil kita boros. Lebih sulit, lebih boros dan terasa seperti naik kuda. Jadi sesuaikan dengan rekmendasi pabrikan pada pilar kanan," ujarnya.