Begini Cara BBM Oktan Tinggi Menghasilkan Performa Prima

Jakarta - Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi seperti Pertamax, selain memunculkan performa yang sebenarnya dari kendaraan itu, mesin lebih bersih, dan irit. Itu bisa terjadi karena bahan baku yang digunakan lebih berkualitas.

"Dengan menggunakan bahan bakar oktan tinggi, pembakaran di mesin lebih sempurna, sehingga performa kendaraan juga maksimal," tutur Service Supervisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Slamet Karsianon, kepada detikOto.


Menurut Slamet, sempurnanya pembakaran itu dikarenakan stabilitas oksidasi yang tinggi, penggunaan olefin, aromatic serta benzene berkadar rendah. Dengan pembakaran yang lebih sempurna itu pula, maka tingkat emisi lebih rendah dan mesin tidak mengelitik.


Memang, bahan bakar dengan oktan tinggi berpotensi menghasilkan deposit karbon yang lebih besar di mesin. Namun, karena bahan bakar ini dilengkapi zat aditif detergency yang efektif, kerak karbon tersebut cepat dibersihkan.


"Misalnya kita bersihkan pakai carbon cleaner, kerak itu mudah sekali rontok. Tapi sebaliknya kerak karbon BBM beroktan rendah, susah sekali rintok," papar Slamet.


Sementara ihwal klaim penggunaan bahan bakar beroktan tinggi menjadikan konsumsi bahan bakar lebih lebih irit, hal itu dikarenakan pembakaran di mesin yang lebih sempurna. Dengan sempurnanya pembakaran, maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin juga maksimal.


Walhasil, dengan sedikit bahan bakar yang terbakar tenaga yang dihasilkan sudah besar. Pengguna kendaraan misalnya sepeda motor tidak perlu menarik tuas gas kuat-kuat agar mesin motor menyemburkan tenaga besar.


"Cukup sedikit buka gas, tenaga sudah besar. Ini berarti irit kan? Karena membuka gas lebar-lebar berarti bahan bakar yang disedot juga lebih banyak," ucap Slamet.