Toyota: Agya Meluncur 4 Bulan Lagi

Jakarta - Konsumen Toyota Agya sudah lama menanti-nanti kehadiran mobil tersebut. Namun hingga kini Toyota Agya belum juga meluncur di pasar mobil Indonesia. Bahkan Toyota-Astra Motor (TAM) hampir dituntut konsumennya akibat saking lamanya Toyota merilis Agya di Indonesia

Toyota-Astra Motor (TAM) ketika dikonfirmasi kejadian ini mengaku tidak bisa berbuat apa-apa karena masih menunggu Petunjuk Pelaksana (Juklak) dari pemerintah. Tanpa juklak tersebut, Agya hanya seperti tumpukan besi.


"Kami masih menunggu juklak. Kita enggak bisa launching jika juklak belum turun," kata GM Corporate Planning, Public Relation & Customer Service TAM, Widyawati Soedigdo kepada detikOto, Selasa (16/7/2013).


Menurut Widya jika tidak ada halangan, mobil Toyota Agya akan resmi dipasarkan di Indonesia pada Desember 2013, itupun jika pemerintah mengeluarkan juklak soal mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC) pada September 2013.


Dia menambahkan butuh waktu 2 bulan untuk mengaudit produsen yang bermain LCGC begitu juklak resmi dikeluarkan pemerintah. Artinya jika juklak LCGC keluar September maka 2 bulan kemudian LCGC Agya meluncur di Indonesia.


"Kalau juklak turun September berarti Desember baru launching. Kuncinya 1,5 sampai 2 bulan setelah juklak turun. Setelah juklak keluar, kemudian disurvei oleh pemerintah," ucapnya.