Mesin Brio Satya Lebih Besar dari Agya dan Ayla, Kenapa Honda?

Jakarta - Merasa tak ingin disaingi oleh kompetitor, Honda langsung menegaskan akan memperlihatkan pesaing Toyota Agya dan Daihatsu Ayla di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013

Tapi dilihat dari spesifikasi mesinnya, Brio Satya mengusung mesin kapasitas 1.200 cc sementara pesaingnya cuma mesin 1.000 cc. Bagaimana tanggapan Honda.


"Terserah konsumen mau pilih mesin 1.000 cc apa 1.200 cc. Tapi mesin 1.200 cc Honda perpaduan antara power dan ekonomis pada konsumsi BBM-nya," kata Direktur Marketing & After Sales PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy di Jakarta.


Menurut Jonfis mesin 1.200 cc tersebut tidak kalah kompetitif di Indonesia. Sementara jika dilihat dari medan jalan di Indonesia, mesin 1.200 untuk mobil murah dan ramah lingkungan sangat sesuai.


Soalnya mobil LCGC tidak mungkin hanya dijalankan di perkotaan saja oleh pemiliknya melainkan ada juga konsumen yang membawa mobil LCGC ke daerah dengan kondisi jalan tanjakan dan turunan. Dalam kondisi ini Honda menyakini mesin 1.200 cc tersebut cukup sesuai dengan medan di Indonesia.


"Indonesia itu banyak tanjakan dan turunan, jadi kita anggap mesin ini terbaik karena berperforma. Lagian mesin Honda 1.000 cc tidak di-develope di ASIA," ucapnya.


Sayang ketika ditanya lebih lanjut spesifikasi dan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin 1.200 cc tersebut, Jonfis masih juga enggan membocorkan.