Mobil Murah Banyak Saingan, Toyota Tak Gentar

Jakarta - Beberapa pabrikan mobil mulai membocorkan mobil-mobil yang bakal mengikuti program low cost and green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan. Selain Toyota dan Daihatsu, sebut saja Suzuki, Nissan, Honda dan Mitsubishi.

Nissan belum lama ini memperkenalkan Datsun dan Honda tadi malam memperkenalkan nama LCGC-nya yakni Brio Satya.


Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menuturkan kalau banyak saingan pasar justru akan semakin ramai dan seru. Semuanya memiliki tantangan masing-masing.


"Kita melihat yang lain (kompetitor) cukup bagus-bagus mobilnya. Tapi kita tetap punya keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki pesaing kita," kata Rahmat di sela-sela buka bersama dengan media di Jakarta, Kamis malam.


Dijelaskannya, keunggulan yang dimiliki Toyota yakni mengenai jaringan serta daya jual kembali yang tinggi dan juga kepercayaan masyarakat terhadap suatu brand.


Sementara itu, Marketing Division Head Auto2000, Agus Prajitno W menambahkan kalau pihaknya tak akan merasa gentar meski banyak pesaing di segmen mobil murah.


"Kalau bicara mesin atau dan lainnya mereka (kompetitor) cukup bagus, tapi kita juga tak kalah bagusnya. Sekarang itu masalah jaringan dan kepercayaan konsumennya saja. Membangun jaringan tidaklah mudah," tutupnya.