Datsun Sedan Tidak untuk Indonesia!

Jakarta - Merek mobil murah Nissan, Datsun, sudah merilis mobil sedan yang dinamai on-DO di Rusia. Namun, sayang mobil ini takkan dijual di Indonesia.

Hal itu disampaikan Corporate Vice President Datsun Business Unit, Vincent Cobee di Jakarta, Selasa (6/5/2014) malam.


"Kalau dilihat dari situasi on-DO tidak mungkin dijual di Indonesia," ujar Vincent Cobee.


Vincent menambahkan, hal ini bukan tanpa alasan mengingat pasar sedan di Indonesia kurang digemari.


"Karena market sedan di Indonesia tidak terlalu digemari. Market 60 persen kebanyakan menyukai hatchback, dan market lainnya lebih senang menggunakan kendaraan dengan 7 penumpang. Saya rasa Datsun GO+ menjadi varian yang paling tepat untuk diperkenalkan di Indonesia," ucapnya.


Dirinya meyakinkan Datsun on-DO lebih pas untuk diperjualbelikan di Rusia, bukan di Indonesia.


"Datsun on-DO pasti anda melihatnya di Internet. on-DO ada di Rusia dan ini sangat berbeda spesifikasinya. on-DO membawa mesin yang lebih besar dan lainnya, ini sangat berbeda dengan kebutuhan untuk di Indonesia. Samapi saat ini kami belum memiliki rencana untuk memperkenalkannya,"


Seperti diketahui bersama, Datsun on-DO menjadi mobil sedan pertama Datsun yang ditawarkan di Rusia. Sedan empat pintu dengan kapasitas lima penumpang ini memiliki dimensi yang lapang (L:4337mm, W:1700mm, H:1500) dan mempunyai luas bagasi belakang 530L sehingga menjadikannya paling luas dikelasnya.


Dimana Datsun on-DO mencerminkan ragam budaya yang mempengaruhinya. ‘DO’ berasal dari bahasa Jepang yang berarti ‘jalan’ dan merefleksikan sebuah konsistensi serta cara yang unik dalam melakukan sesuatu.


Sedangkan untuk ‘On' dalam bahasa Rusia memiliki arti ‘dia (untuk pria)’, yang menunjukan kekuatan mobil, performa dan maskulin. Kedua kata tersebut memiliki arti yang jelas dalam bahasa Inggris yakni dinamika yang positif.


Design Datsun on-DO diciptakan oleh tenaga ahli dari Global Design Centre di Jepang. Pengembangan dan peningkatan teknik Datsun on-DO dilakukan di Rusia oleh para tenaga ahli internasional di AVTOVAZ, dengan kualitas dan teknik yang sesuai dengan standar Nissan Motor Corporation.


Perpaduan antara keahlian lokal dan global menjadikan Datsun on-DO terlihat modern dan unik serta memiliki performa yang secara sempurna sesuai dengan kondisi pengemudian dan iklim di Rusia.


Mobil bertenaga 87 hp ini memiliki mesin 1,6 liter yang berbahan bakar bensin dan telah terbukti kekuatannya serta menyenangkan untuk dikendarai. Datsun on-DO akan dijual dengan harga yang sangat atraktif, di bawah 400.000 rubel.