5 Konseptor Terbaik Ini Dapat Hadiah Datsun GO+

Jakarta - Setelah melalui beberapa tahapan penyeleksian, akhirnya PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan 5 pemenang kompetisi bisnis Datsun Rising Challenge (DRC) di Jakarta.

Selain hadiah uang sebesar Rp 50 juta, Datsun juga memberikan mobil Datsun GO+ untuk kelima pemenang sekaligus mengukuhkan mereka sebagai pemilik Datsun GO+ pertama di Indonesia dan dunia.


"Filosofi Datsun berdasarkan tiga nilai kunci, Dream (Impian), Access (Akses) dan Trust (Terpercaya). Nilai-nilai ini diimplementasikan ke tujuan kami untuk memberikan akses dan mobilitas yang lebih baik oleh brand otomotif terpercaya, untuk membantu mendekatkan risers meraih mimpi mereka," ujar Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja, di Exodus Jakarta, Selasa (6/5/2014).


"Dan kompetisi bisnis DRC merupakan salah satu program inisiatif Datsun Indonesia untuk mendukung aspirasi tersebut," tambahnya.


DRC diluncurkan awal Desember 2013, tidak kurang sebanyak seribu peserta dari lima kota besar Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya, memasukkan model proposal bisnis mereka ke Datsun Indonesia.


Akhirnya terpilih 25 peserta yang ikut berpartisipasi dalam workshop DRC selama 3 (tiga) hari yang diselenggarakan pada 3-5 Mei 2014 untuk mendapatkan pelatihan dari para juri yang juga merupakan wirausahawan sukses dan berpengalaman.


Para juri kemudian memilih dengan cermat lima presentasi proposal terbaik untuk menentukan para pemenang, satu untuk setiap kota.


"Program ini hanya ada di Indonesia, dan program ini sekaligus mengubah cara konsumen Datsun agar lebih optimis untuk masa depan. Dan yang menarik di Indonesia, banyak sekali pelaku usaha dan kami ingin mendukungnya," tambah Corporate Vice President Datsun Business Unit.


Kelima pemenang memiliki ide proposal yang unik, dapat diaplikasikan dan breakthrough. Monica Fransesca Liando dari Surabaya menawarkan Empress Box dalam proposal bisnisnya, sedangkan Fandi Akhmad dari Semarang memiliki ide Batu-Bata Interlock.


Ide mengenai Minke Co – The Red Bean Specialist datang dari Adam Amrullah yang berasal dari Yogyakarta, dan Adithia Dwi Saputra dari Bandung menawarkan ide Tanduran Innovative Packaging. Sementara itu, Woro Anindyajati dari Jakarta menggagaskan Buruan Mandi.


Salah satu pemenang, Woro Anindyajati, berkata, "Saya berterima kasih kepada Datsun karena telah mengadakan kompetisi bisnis DRC. Melalui kompetisi dan sesi workshop selama tiga hari ini, saya mendapat pengetahuan dan keahlian baru mengenai perencanaan bisnis dan bagaimana mengimplementasikannya. Saya percaya pengetahuan dan keahlian tersebut akan berguna dalam mencapai mimpi saya untuk membangun bisnis saya sendiri," ujar Woro.


"Dan konsep yang saya pilih 'Buruan mandi', dimana dengan buruan mandi kita bisa menghemat air, dan terlebih banyak sabun yang menggunakan deterjen yang bisa merusak tanah. Oleh sebab itu saya mencoba menciptakan sabun 'ecoshop', Sabun ini tidak menggunakan deterjen dan menggunakan kimia pangan, terbuat dari minyak kelapa, dan ini sangat aman. Saya akan menjualnya dalam ukuran Small Rp 5.000, Medium Rp 8.000, dan Large Rp 12.000," ucapnya.


Dirinya juga mengatakan Rp 50 juta yang didapat akan dipergunakan untuk mengurus surat ijin seperti BPOM, dan lain-lain.


Lain lagi dengan Fandi Akhmad dari Semarang memiliki ide untuk melahirkan Bati (Bata Interlock).


"Saya sangat senang dan sangat bersyukur bisa mendapatkan pelatihan dan kesempatan, tentang workshop, jiwa wirausaha, dll. BATI merupakan, inovasi batubata yang lebih kokoh, terbuat dari tanah dan campuran lainnya, batanya juga bisa saling mengait, inspirasinya Saya dapat dari bencana gempa," ujar Fandi.