Ini Cara Maling Menggasak Mobil Mahal

Jakarta - Mobil mahal biasanya memiliki fitur anti-theft atau anti pencurian yang lebih canggih. Misalnya saja immobilizer, fitur ini membuat mobil tidak dinyalakan mesinnya tanpa kehadiran kunci asli. Atau juga fitur lainnya. Tetapi bukan maling namanya kalau tidak berimprovisasi dengan fitur-fitur yang kian canggih ini.

Untuk mobil-mobil mahal atau yang harganya lebih dari Rp 300 jutaan itu biasanya pencuri menggunakan modus penggelapan.


Kepala Subdit Ranmor Polda Metro Jaya, AKBP Arie Adrian mengatakan, berbeda dengan mobil-mobil biasa, modus yang sering dilakukan maling dalam mencuri mobil mewah itu menggunakan modus penggelapan.


"Kalau mobil mahal itu biasanya digelapkan, karena kebanyakan mobil tersebut sudah menggunakan immobilizer jadi susah untuk digunakan modus lainnya," kata Arie saat dihubungi detikOto, Senin (1/7/2013).


Modusnya biasanya maling itu berpura-pura menjadi sopir lalu menghampiri rumah yang mempunyai mobil itu dan meminta kuncinya lalu mobil dibawa olehnya.


"Dia biasanya melihat situasinya dulu, sekiranya aman ia berani berpura-pura menjadi sopir dan pencuri itu mulai beraksi," katanya lagi.


Ditambahkannya, kalau pencurian mobil mahal memang tidak begitu banyak dibanding mobil lainnya. "Yang paling sering dicuri itu seperti CR-V, Camry dan lain-lain, tapi jarang ditemukan akhir-akhir ini karena kami terus melakukan pengawasan," tuntasnya.